Erick Thohir Hadiri Kick Andy Show, Netizen Setelah Nonton: Penjelasan Detail

Seleb | kuyou.id | Published at Minggu, 14 November 2021 - 22:00
Erick Thohir Hadiri Kick Andy Show, Netizen Setelah Nonton: Penjelasan Detail

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir hadir dalam acara Kick Andy Show yang tayang di salah satu stasiun TV, pada Minggu 14 Novenber 2021 nih gaes.


Seperti yang kita tahu, Erick Thohir memang tengah diterpa isu dan polemik yang menyangkut dirinya. Mulai dari tuduhan dirinya yang disebut terlibat dalam bisnis PCR, kontroversi pengangkatan komisaris BUMN, nasib Garuda Indonesia, kereta api cepat Jakarta-Bandung hingga ia diperkirakan muncul menjadi colon Presiden di tahun 2024 mendatang.



Erick Thohir Hadir di Kick Andy Show


Hadirnya Erick Thohir dalam acara Kick Andy Show bermaksud untuk menjawab isu dan polemik tersebut yang belakangan ini ramai diperbincangkan gaes.


Setelah mengetahui penjelasan Erick Thohir, banyak netizen yang ikut salut atas jawaban-jawaban yang ia lontarkan, dengan memberikan penjelasan yang detail.


Sebelumnya diketahui, Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga pun sudah angkat bicara menanggapi isu bisnis PCR yang menyangkut nama Erick Thohir. Arya mengatakan, bahwa kabar keterlibatan Erick tersebut merupakan isu yang sangat tendensius. Pasalnya, pelaku industri yang menyediakan tes PCR ini sangat besar. Adapun Erick sudah tidak lagi terlibat dalam proses bisnis setelah menjadi menteri.


"Isu bahwa Pak Erick bermain tes PCR itu isunya sangat tendensius. Bisa kita lihat dari data, sampai kemarin tes PCR itu mencapai 28,4 juta di seluruh Indonesia. Sementara PT GSI yang dikaitkan dengan Pak Erick itu tes PCR yang dilakukan sebanyak 700 ribu," kata Arya dalam keterangannya, belum lama ini.


"Jadi bisa dikatakan hanya 2,5% dari total tes PCR yang sudah dilakukan di Indonesia, hanya 2,5% jadi 97,5% lainnya dilakukan pihak lain," lanjutnya.



Selain itu, kata Arya, salah satu pemegang saham PT GSI memang ada Yayasan Adaro dengan kepemilikan sebesar 6%. Porsi kepemilikan ini dinilai tidak signifikan gaes.


Erick Thohir Tidak Terlibat Bisnis Perusahaan Swasta Setelah Jadi Menteri


Di samping itu, Erick dinilai sudah tidak aktif lagi dalam melakukan proses bisnis di perusahaan-perusahaan yang terafiliasi dengannya sejak dirinya menjabat sebagai menteri.


"Jadi sangat jauh lah dari keterlibatan atau dikaitkan dengan Pak Erick Thohir. Apalagi dikatakan main bisnis PCR jauh sekali. Jadi jangan tendensius seperti itu kita harus lebih clear melihat semua."



Arya juga menambahkan, ketentuan PCR tidak dikeluarkan oleh Kementerian BUMN gaes. Selain itu, pemerintah juga tidak menunjuk lab tertentu untuk melakukan PCR, kecuali tentunya yang sesuai standar yang ditentukan Kementerian Kesehatan.


Artikel Asli