Boyong 12 Piala Citra, ‘Penyalin Cahaya’ jadi Film Terbaik di FFI 2021

Seleb | limapagi.id | Published at Kamis, 11 November 2021 - 11:44
Boyong 12 Piala Citra, ‘Penyalin Cahaya’ jadi Film Terbaik di FFI 2021

LIMAPAGI - Malam Anugerah Festival Film Indonesia (FFI) 2021 telah rampung digelar pada Rabu malam, 10, November 2021 di JCC, Senayan Jakarta Pusat.

Pada malam penganugerahan tersebut, film "Penyalin Cahaya" berhasil mendapatkan penghargaan tertinggi Piala Citra yakni sebagai Film Cerita Panjang Terbaik.

Film Penyalin Cahaya berhasil menang setelah mengalahkan film "Ali & Ratu Ratu Queens", "Bidadari Mencari Sayap", "Cinta Bete", "Paranoia", "Preman" dan "Yuni".

Selain itu, film yang dibintangi oleh Shenina Cinnamon ini juga berhasil menjadi jawara umum FFI 2021 dengan memboyong 12 Piala Citra dari 17 nominasi yang diterima. Di antaranya, Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Naskah Asli Terbaik, dan Aktor Terbaik.

Sementara itu, "Penyalin Cahaya" menceritakan tentang Sur yang diperankan oleh Shenina Cinnamon. Sur diceritakan kehilangan beasiswa lantaran dianggap mencemarkan nama baik fakultas setelah foto dirinya kala mabuk tersebar.

Namun Sur tidak mengingat jelas kejadian tersebut. Lalu ia meminta bantuan ke teman masa kecilnya, Amin (Chicco Kurniawan).

Amin adalah pegawai fotokopi yang tinggal dan bekerja di kampus. Keduanya bekerja sama mencari tahu kejadian yang sesungguhnya terjadi di balik foto tersebut.

Sang sutradara Wregas Bhanuteja mengatakan bahwa lewat film ini ia ingin melawan isu kekerasan seksual yang sudah bukan hal yang tabu di masyarakat.

Artikel Asli