11 November 2021 Adalah Hari Jomblo Sedunia atau Singles Day, Berikut Fakta Sejarahnya

Seleb | kuyou.id | Published at Kamis, 11 November 2021 - 09:32
11 November 2021 Adalah Hari Jomblo Sedunia atau Singles Day, Berikut Fakta Sejarahnya

Tanggal 11 November 2021 adalah Hari Jomblo Sedunia atau Singles Day, berikut fakta sejarahnya gaes.

Di China, ada sebuah perayaan untuk merayakan harinya para jomblo. Perayaan tersebut adalah Hari Jomblo Sedunia atau Singles Day. Dimana hari tersebut jatuh di tanggal 11 November setiap tahunnya.

Dalam perayaan ini, para jomblo akan merayakan hari jomblonya dengan berbelanja sepuasnya. Tradisi Hari Jomblo Sedunia ini pun masih berlanjut hingga 11 November 2021.

Fakta Sejarah Hari Jomblo Sedunia atau Singles Day



Awal mulanya sendiri memang berasal dari China. Dimana akan ada satu hari bagi para warga yang belum mempunyai pasangan untuk merayakannya, hari tersebut dinamakan Hari Jomblo Sedunia atau Singles Day, yang jatuh pada 11 November.

Kenapa diambil pada 11 November? Karena lambang atau simbol 11 November yakni 1111, melambangkan empat orang jomblo yang sedang berdiri bersampingan. Di China hari ini juga dikenal sebagai "Bare Sticks Holiday".

Perayaan ini dimulai pada 1993 oleh mahasiswa Universitas Nanjing China yang merayakannya sebagai anti Hari Valentine. Momen ini juga dikenal sebagai "Bachelor's Day" karena terdapat ketidakseimbangan gender China yang diakibatkan kebijakan satu anak.

Kegiatan ini menyebar ke universitas lain di China. Singles Day sekarang berfungsi sebagai kesempatan bagi para jomblo untuk bertemu dalam pesta dan pertemuan sosial lainnya.

Kini, Hari Jomblo Sedunia atau Singles Day telah diterapkan diberbagai negera. Diantaranya adalah seluruh negara di Asia Tenggara dan beberapa negara di Eropa, seperti Jerman, Belgia, dan Inggris. Namun, di Inggris Hari Jomblo Sedunia ini jatuh pada tanggal yang berbeda yakni 11 Maret setiap tahunnya.

Menjadi Cikal Bakal Hari Belanja Besar-besaran



Karena pada Hari Jomblo ini para jomblo akan merayakannya dengan belanja besar-besaran, makaAlibaba (BABA) menawarkan barang dagangan dengan diskon besar-besaran di platformnya selama 24 jam. Hal ini pertama kali dilakukan pada 11 November 2009.

Alibaba pun untung besar di Hari Jomblo Sedunia atau Singles Day ini.Pada tahun 2019, Alibaba mencatatkan penjualan senilai US$ 38,4 miliar di seluruh platform online-nya pada Hari Jomblo, meningkat 25% dari tahun sebelumnya US$ 30,8 miliar.

Hal ini juga membuat Hari Jomblo Sedunia atau Singles Day telah menjadi hari belanja terbesar, melampaui Black Friday dan Cyber Monday di AS.

Penerapan diskon besar-besaran ini pun diterapkan di Indonesia, pada tanggal 11 November 2021, beberapae-commerce seperti Shopee, Lazada, Tokopedia dan Bukalapak menyediakan berbagai promo diskon besar-besar. Dan di Indonesia pada 11 November dijadikan sebagaiHari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

Nah, itulah fakta sejarah ditetapkan tanggal 11 November sebagai Hari Jomblo Sedunia atau Singles Day.

Artikel Asli