Bikin Bangga, 9 Aktris Indonesia Ini Dapat Penghargaan Luar Negeri

Seleb | brilio.net | Published at Sabtu, 23 Oktober 2021 - 18:30
Bikin Bangga, 9 Aktris Indonesia Ini Dapat Penghargaan Luar Negeri

Brilio.net - Industri seni peran Indonesia telah melahirkan banyak aktor dan aktris berbakat. Lewat aktingnya yang memukau di film maupun sinetron, nama mereka kian dikenal publik. Meski begitu, menjadi seorang artis berbakat dan dapat diakui oleh masyarakat luas bukan hal mudah.

Banyak hal yang harus digali dan dipelajari agar bakatnya semakin terasah. Selain olah vokal dan mimik muka, mereka juga mesti memerankan tokoh dalam cerita senatural mungkin sehingga bisa menghidupkan jalan cerita.

Atas kualitas aktingnya yang menawan, banyak aktris yang kemudian berhasil menyabet penghargaan. Nggak hanya berprestasi di dalam negeri, mereka mampu membuktikan keberhasilannya meraih penghargaan di kancah Internasional. Siapa saja mereka?

Berikut aktris Indonesia yang dapat penghargaan di luar negeri, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (23/10).


1. Tatjana Saphira

foto: Instagram/@tatjanasaphira

Pemeran film Sweet 20, Tatjana Saphira berhasil mencetak prestasi di Korea Selatan. Pada perhelatan Seoul International Drama Awards 2018, ia menyabet penghargaan Asian Star Prize.

Berbalut gaun hitam bermotif warna putih, Tatjana tersenyum ke arah kamera dengan latar LED bertuliskan Seoul International Drama Awards 2018.

"Had a great night and I feel very honored to receive the Asian Star Prize. Thank you so much Seoul Drama Awards 2018," tulis Tatjana.


2. Cut Mini

foto: Kapanlagi.com

Akting Cut Mini Theo sebagai Ibu Muslimah di film Laskar Pelangi akhirnya berbuah manis. Ia berhasil meraih penghargaan sebagai Best Actress dalam Brussels International Independent Film Festival pada 2009 silam.


3. Prilly Latuconsina

foto: Instagram/@rillylatuconsina96

Aktris seni peran selanjutnya yang berhasil meraih penghargaan di luar negeri adalah Prilly Latuconsina. Pemeran My Lecture My Husband ini berhasil meraih penghargaan kategori People's Choice di Web TV Asia Awards 2016 lalu yang di gelar di Korea Selatan.

"The young and aspiring Indonesian actress, @prillylatuconsina96 wins WebTVAsia Awards 2016 People's Choice. Defeating more than 100 nominees from 12 Asian Countries. She definitely made INDONESIA proud!" tulis akun @webtvasia.id.


4. Marsha Timothy

foto: Instagram/@marshatimothy

Film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak berhasil mengantarkan Marsha Timothy meraih penghargaan. Aktingnya yang memukau, membuat istri dari Vino G. Bastian ini meraih piala Best Actress dalam ajang Sitges-Catalonian International Film Festival pada 2017 lalu.


5. Shareefa Daanish

foto: Instagram/@shareefadaanish

Lewat akting apiknya di film horror Rumah Dara, Shareefa Daanish berhasil menyabet penghargaan sebagai Aktris Terbaik dari Puchon Choice Feature-International Competition pada tahun 2009 silam.


6. Dian Sastrowardoyo

foto: Instagram/@therealdisastr

Film Pasir Berbisik yang dibintangi Dian Sastrowardoyo meraih banyak penghargaan Internasional. Salah satunya, Dian Sastrowardoyo dinobatkan sebagai Best Actress pada penghargaan Festival Film Asia Deauville di Perancis dan penghargaan Aktris Terbaik di Festival Film International Singapore ke-15 pada 2002 silam.


7. Adinia Wirasti

foto: Instagram/@adiniawrst

Bintang film Critical Eleven, Adinia Wirasti juga menorehkan prestasi di kancah Internasional. Ia didapuk menjadi 'Aktris Pemeran Utama Terbaik' di gelaran Asian Academy Creative Awards 2018 yang dihelat di Singapura.


8. Raihaanun

foto: Instagram/@raihaanun

Berperan sebagai May dalam film 27 Steps of May, Raihaanun berhasil memenangkan kategori Best Actress dalam ajang ASEAN International Film Festival & Awards 2019 yang digelar di Kuching, Serawak, Malaysia.


9. Amanda Manopo

foto: Instagram/@ricco_richardo

Terbaru, bintang sinetron Ikatan Cinta, Amanda Manopo baru saja menorehkan prestasi gemilang di kancah Internasional. Pemeran Andin ini berhasil membawa pulang piala Asian Star Prize di ajang penghargaan Seoul International Drama Awards 2021.

Artikel Asli