Erick Thohir Bangun Ekonomi Umat, Kementerian BUMN Siap Suntik Modal untuk UMKM dan Koperasi Gaes!

kuyou.id | Seleb | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 20:30
Erick Thohir Bangun Ekonomi Umat, Kementerian BUMN Siap Suntik Modal untuk UMKM dan Koperasi Gaes!

Seperti yang kita tahu, adanya pandemi Covid-19 ini berbagai sektor terkena dampaknya, terutama di bidang ekonomi gaes. Menurut Mentri BUMN Erick Thohir, dengan adanya Covid-19 sangat menjadi dilema.


"Tadi disampaikan bahwa si Covid ini menjadi dilema, kita tak salahkan siapa-siapa, tapi harus diiterpensi diseimbangkan ekonominya (masyarakat)," kata Erick Thohir, saat meninjau Koprasi Pesantren Al- Ittifaq bersama Mentri Koprasi dan UMKM Teten Masduki, Dewan Pertimbangan Presiden, Arifin Panigoro, di Rancabali, Kabupaten Bandung, pada Minggu 10 Oktober 2021.





Oleh karena itu Erick mengatakan, bahwa pihaknya bekerja sama dengan Mentri Komprasi dan UMKM Teten Masduki.


"Kami coba berkolaborasi, salah satunya misalnya, bagaimana yang namanya ketahanan pangan ini harus menjadi sebuah ekosistem yang sehat. Kemudian koprasi ini menjadikan korporasi petani," lanjutnya.


Lebih lanjut, Erick mengungkapkan terkait masalah pembiayaan. Menurutnya, hal tersebut tidak usah khawatir gaes.


"Pembiayaan itu hanya satu komponen. Komponen kedua yang paling penting pendamping dilakukan oleh mentri koprasi atau pa Arifin," tuturnya.


Erick mengungkapkan, pihaknya juga sekarang mengeluarkan program pendampingan melalui perusahaan BUMN karena UMKM ini harus didampingi.





"Salah satunya saya sama pa Arifin, gak sengaja ketemu Bupati Bandung, Dadang Supriatna, beliau menyampaikan program makmur udah masuk di Bandung," katanya.


Erick menjelaskan, itu merupakan program pendampingan dari PT pupuk lho gaes!


"Untuk memastikan pupuknya, tepat waktu bibit nya bagus, dan pendanaanya," tambahnya.





Erick mengatakan, penggabungan BRI BUMB, pegadaian menjadi kekuatan besar yang memastikan UMKM menjadi prioritas daripada keberpihakkannya dan itu telah terjadi. Wah, keren ya!


"Alhamdulillah kalau tadi Bank Syariah Indonesia modal asetnya Rp 240 triliun, BRI baru menambah modal bukan dari pemerintah, tapi dari market Rp 96 triliun. Jadi artinya market percaya UMKM," ujarnya.

Artikel Asli