Betapa mengagumkan, 7 penyanyi Indonesia ini duet dengan artis Korea

brilio.net | Seleb | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 19:30
Betapa mengagumkan, 7 penyanyi Indonesia ini duet dengan artis Korea

Brilio.net - Saat ini, popularitas artis Korea Selatan begitu mencuri perhatian dunia. Ada banyak musisi atau selebritas dari berbagai negara yang pernah atau ingin berkolaborasi dengan artis asal Negeri Ginseng tersebut. Tak terkecuali, artis Indonesia.

Kerennya, beberapa penyanyi Tanah Air pernah berkolaborasi bareng dengan selebritas papan atas Korea Selatan. Memadukan dua budaya ke dalam musik, memberikan warna tersendiri bagi yang mendengarnya.

Kolaborasi itu juga membuat orang Indonesia semakin bangga karena bisa melihat idolanya melakukan duet bersama. Hal ini juga menandakan bahwa popularitas artis Indonesia sudah diakui oleh artis mancanegara.

Kabar terbaru, Afgan berkolaborasi dengan penyanyi asal Korea, B.I. Selain Afgan, sejumlah penyanyi Indonesia ini juga pernah duet dengan artis Korea. Penasaran ada siapa saja? Yuk, simak daftarnya seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (10/10).


1. Afgan dan B.I.

foto: Instagram/@afgan__ & @shxxbi131

Setelah sukses berkolaborasi dengan idol K-pop Jackson Wang dalam single M.I.A., Afgan kembali memberikan kejutan dengan merilis single kolaborasi bersama mantan leader iKon B.I dan Bipolar Sunshine yang berjudul Lost At Sea (illa illa). Dalam lagu tersebut bahkan Afgan melakukan rap yang tidak disangka-sangka dengan suara lembutnya sehingga berhasil membuat lagu ini sukses.

Afgan mengatakan proyek kolaborasi ini terjadi karena memang mereka berdua di bawah naungan manajemen yang sama. Afgan mengaku saat mendapatkan tawaran kolaborasi dari agensinya ia langsung menyetujuinya karena memang sudah lama menyukai karya B.I sejak masih menjadi member iKon.


2. Stephanie Poetri dan Jackson Wang.

foto: Instagram/@88rising

Jauh sebelum berkolaborasi dengan Afgan, Jackson Wang sudah lakukan kolaborasi bersama Stephanie Poetri. Dengan me-remake lagu I Love You 3000 milik Stephanie Poetri, mereka berhasil menyorot perhatian pendengarnya.

Bahkan, lagu yang terinspirasi dari film Avengers: End Game ini juga masuk ke dalam album Heads in The Clouds besutan 88rising. Selain itu, I Love You 3000 turut dibuatkan video musik khusus bareng Jackson, pada 15 Oktober 2019.


3. Rich Brian dan Chungha.

foto: Instagram/@brianimanuel

Rapper asal Indonesia yang terkenal berkat single hits berjudul "Dat $tick", Rich Brian, juga mendapat kesempatan kolaborasi bareng Chungha. Keduanya merilis single "These Nights" pada Oktober 2019 lalu.

Dalam lagu tersebut, Rich Brian tampil dengan gaya retro 1980-an. Musisi yang tergabung dalam agensi 88rising ini sukses membuat publik Indonesia terkesima dengan bakat bermusiknya yang berada dalam genre pop.


4. Sule dan Eru.

foto: Instagram/@eru_official_

Sule yang terkenal sebagai komedian ternyata juga punya bakat menyanyi. Terbukti ia sukses mengukirkan prestasi dengan berduet bersama penyanyi Korea Selatan ternama, Eru pada 2013 lalu.

Keduanya berduet dengan membawakan lagu 'Saranghaeyo'. Lagu tersebut diciptakan sendiri oleh Sule. Uniknya, lagu ini dibawakan dalam lima bahasa, yakni Korea, Inggris, Indonesia, Sunda, dan Jawa. Sambutan hangat nggak hanya didapat di Indonesia, beberapa media juga turut memberitakan kolaborasi apik Sule dan Eru.


5. Atiqah Hasiholan dan Eru.

foto: kapanlagi.com

Aktris juga model iklan Atiqah Hasiholan melakukan debut menyanyi bareng penyanyi Eru. Langkah Atiqah cukup berani, karena dia terjun jadi penyanyi langsung berduet dengan penyanyi terkenal di Korea. Mereka telah meluncurkan single 'Black Glasses' yang sudah cukup populer di Korea.

Lagu tersebut menjadi soundtrack film Hello Goodbye yang juga diperankan Atiqah, Rio Dewanto, dan Eru. Atiqah pun mendapat banyak pujian dari Eru karena kualitas vokalnya.


6. Astrid dan Tim Hwang.

foto: kapanlagi.com

Penyanyi Astrid Sartiasari pernah berkolaborasi dengan penyanyi Korea, Tim Hwang pada tahun 2012 silam. Tim adalah salah satu artis Korea yang cukup diperhitungkan di negara asalnya. Mereka telah meluncurkan lagu Saranghamnida.

Lagu mereka juga menjadi soundtrack sinetron berjudul 'Saranghae, I Love You'. Tim beradu peran bersama Revalina S Temat. Lagu ini dinyanyikan dalam dua bahasa sekaligus yakni Korea dan Indonesia.


7. Agnez Mo dan Super Junior.

foto: Instagram/@agnezmo & @superjunior

Kesuksesan Agnez Mo diranah Asia memang sudah nggak diragukan lagi. Sebelum melangkah ke pasar Hollywood, nama Agnez Mo sudah banyak dikenal di Asia. Nggak heran bila Agnez dulu langganan tampil di panggung Asia Song Festival.

Di tahun 2009 lalu, Agnez Mo sukses bikin iri para K-Popers lantaran tampil bersama dengan Super Junior di panggung Asia Song Festival. Tak hanya bersama Super Junior, Agnez Mo juga berduet dengan Girls Generation, TVXQ dan lainnya dengan membawakan lagu 'Heal The World' milik Michael Jackson.

 

Artikel Asli