Pernah Nikah Siri, Nikita Mirzani Bingung Rizky Billar dan Lesti Akad 2 Kali

inewsid | Seleb | Published at Senin, 04 Oktober 2021 - 13:27
Pernah Nikah Siri, Nikita Mirzani Bingung Rizky Billar dan Lesti Akad 2 Kali

JAKARTA, iNews.id - Artis Nikita Mirzani membahas nikah siri bersama Gilang Dirga di YouTube pribadinya. Hal tersebut dipicu oleh kedekatan Gilang dengan pasangan Lesti Andryani dan Rizky Billar, yang mengaku melakukan pernikahan siri di awal 2021 kemudian menikah lagi pada 19 Agustus 2021.

Di video tersebut, ibu tiga anak ini sempat menanyakan pendapat Gilang soal akad nikah yang dilakukan dua kali. Namun, minimnya pengetahuan suami dari Adiezty Fersa terkait pernikahan siri, membuat Nikita Mirzani mencoba untuk meluruskan hal tersebut.

"Menurut pengetahuan gue yang fakir ilmu ini, nikah siri itu boleh. Tapi lo tidak ada secara negara nggak ada paper. Kemudian lo melakukan pernikahan untuk punya paper..," ujar Gilang Dirga.

"Tapi sebenarnya tidak harus akad nikah lagi," kata Nikita.

"Loh emang iya?," kata Gilang pada Niki.

Nikita menyebut untuk mengesahkan pernikahan siri secara hukum dan negara, kedua pasangan suami istri siri tidak perlu melakukan akad nikah dua kali. Pasangan nikah siri justru hanya langsung melegalkan pernikahan tersebut tanpa menempuh kembali proses pembacaan ijab kabul.

"Kan gue pernah nikah siri. Kalau mau diakui negara tinggal ajuin surat, kita rayain (resepsi). Nggak perlu akad nikah lagi. Akad nikah mah sekali," kata Nikita.

"Gue bisa ngomong gini karena gue pernah melakukan pernikahan siri tersebut. Setahu gue yang nggak ngerti soal agama banget, setahu gue nggak boleh (akad nikah dua kali). Karena akad yah sekali aja," katanya lagi.

Niki juga mengatakan pernikahan siri dapat disahkan secara negara dengan cara mendaftarkan ke Pengadilan Agama setempat. Setelah itu kedua mempelai pun bisa mendapatkan buku nikah.

"Sebenarnya nikah siri sama aja kayak nikah sah. Bedanya nggak ada paper. Cuma disaksikan sama keluarga juga, ada juga penghulunya, ada semuanya," katanya.

"Jadi waktu nikah siri itu, gue dikasih kertas. Kalau gue mau buat paper tinggal kasihin ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Lalu keluarlah buku nikah tersebut. Beda kalau kawin kontrak," tuturnya lagi.

Mendengar pemaparan Nikita, Gilang pun bingung. Dia memilih untuk menyerahkan keputusan serta pemahaman tersebut pada Lesti dan Billar.

"Kalau penjelasannya seperti itu, gue kembalikan kepada mereka," kata Gilang.

Artikel Asli