Penampilan 11 seleb menikah pakai adat Jawa dodotan, kental ritual

brilio.net | Seleb | Published at Jumat, 17 September 2021 - 06:45
Penampilan 11 seleb menikah pakai adat Jawa dodotan, kental ritual

Brilio.net - Kendati banyak selebriti yang mengusung konsep elegan dan mewah di pernikahan, namun nggak sedikit dari mereka yang memilih tampil menawan dengan busana pengantin tradisional adat Jawa dodotan atau basahan.

Berbeda dari pakaian adat lainnya, basahan identik tidak mengenakan luaran dengan riasan Paes Ageng Kanigaran. Pakaian tradisional ini juga dikenal dengan nama dodot karena kedua mempelai biasanya mengenakan kain kemben panjang dan lebar yang dinamakan kain dodot.

Bersamaan dengan itu, pasangan yang menikah dengan adat Jawa pun akan melangsungkan upacara panggih sebelum duduk di pelaminan. Momen ini pun penuh dengan kesakralan dan makna mendalam bagi pengantin.

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, penampilan seleb menikah pakai adat Jawa dodotan pada Jumat (17/9).

1. Menggelar pesta pernikahan dengan adat Jawa di area Taman Lumbini, Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Vicky Shu tampil cantik dengan riasan paes Jawa dodotan.

foto: Instagram/@vickyshu

2. Dipersunting Indraguna Sutowo, pemain Film 'Ada Apa Dengan Cinta' (AADC) ini melakukan banyak prosesi adat Jawa. Anggun dan menawan, penampilan Dian Sastrowardoyo tuai pujian.

foto: kapanlagi.com

3. Chacha Frederica menikah dengan adat Jawa yang kental. Dia terlihat mengenakan dua jenis riasan paes Solo Basahan dan Yogya Ageng.

foto: thebridedept.com

4. Menikah dengan adat Jawa pada 1991, pasangan selebriti Anjasmara dan Dian Nitami pun tak ketinggalan dengan adat Jawa dalam momen bahagianya. Penampilannya dengan adat Jawa dodotan bak pasangan bangsawan.

foto: Instagram/@malibu62studio

5. Soraya Haque yang menikah dengan Ekki Soekarno memilih adat Jawa dodotan. Dengan paes dan rambut dikonde, penampilannya sukses manglingi. Cantik banget, nih~

foto: Instagram/@ekki.soekarno

6. Penampilan Giring saat mempersunting pujaan hatinya, Chintya pada 2010 silam ini kental dengan adat Jawa. Pasangan ini memilih dengan riasan paes dan kain dodot dalam pernikahannya.

foto: kapanlagi.com

7. Prosesi adat Jawa juga terlihat di momen pernikahan Wulan Guritno dengan Adilla Dimitri. Pasangan ini tampak serasi dengan adat basahan dan dodot atau kemben.

foto: Instagram/@adilladimitrihardjanto

8. Perhelatan pernikahan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina berlangsung meriah. Pasangan ini menggunakan dua adat dalam momen bahagianya. Di adat Jawa, Raffi tampil dengan adat Solo basahan, sedangkan Nagita mengenakan dodot atau kemben dari kain batik.

foto: fimela.com

9. Saat akad nikah, Adipati Dolken dan Canti Tachril mengusung adat Jawa. Canti tampak cantik mengenakan dodot atau kemben dari kain batik dengan motif alas-alasan.

foto: Instagram/@cantitachril

10. Pasangan yang terpaut usia jauh, Hengky Kurniawan dan Sonya Fatmala mengenakan busana adat Solo dodotan di momen pernikahan. Sonya tampil menawan dengan paes Solo.

foto: kapanlagi.com

11. Mengunggah potret pernikahan lawasnya dengan Indra Brasco, Mona Ratuliu menawan dengan paes Jawa dan sanggul yang ditutupi roncean melati.

foto: Instagram/@monaratuliu

Artikel Asli