KPI Minta Maaf soal Bolehkan Saipul Jamil Tampil di TV untuk Acara Edukasi

limapagi.id | Seleb | Published at Kamis, 16 September 2021 - 11:20
KPI Minta Maaf soal Bolehkan Saipul Jamil Tampil di TV untuk Acara Edukasi

LIMAPAGI - Ucapan Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Agung Suprio terkait memperbolehkan Saipul Jamil tampil di televisi untuk acara edukasi sempat menuai kontroversi publik. Akhirnya pihak KPI pun meminta maaf.

Permintaan maaf itu disampaikan oleh Komisioner KPI Mulyo Hadi Purnomo. Mulyo mengakui bahwa diksi Agung Suprio kurang tepat, sehingga menimbulkan persepsi yang berbeda di masyarakat.

"Pertama, memang kami harus sampaikan permohonan maaf atas pilihan diksi yang sangat tidak tepat, sangat tidak pas, yang disampaikan oleh Ketua kami, Ketua KPI," kata Mulyo dalam program televisi Sapa Indonesia Pagi, belum lama ini.

Ia pun menjelaskan maksud dari perkataan Agung Suprio, yang mana memberikan edukasi terkait tindak kejahatan seksual.

Agar publik tidak mencontoh tindakan Saipul Jamil yang melakukan pelecehan seksual terhadap sesama jenis. Dalam hal ini, konteksnya Saipul Jamil tidak menjadi edukatornya.

"Itu yang barangkali yang ingin disampaikan oleh ketua. Tetapi, kemudian tidak cukup untuk bisa memberikan penjelasan karena barangkali ditanya oleh mas Deddy sehingga mengarah kemudian ditangkap berbeda pesannya oleh publik," ujar Mulyo.

Oleh karena itu, mewakili KPI, Mulyo kembali meminta maaf kepada publik dan mencabut pernyataan ketua KPI.

"Saya menyampaikan permohonan maaf atas pilihan diksi yang tidak tepat," tegas Mulyo.

Seperti diketahui, bebasnya Saipul Jamil menuai kecaman dari publik. Publik merasa geram mengapa media mengglorifikasi kebebasan Saipul Jamil, tanpa memikirkan perasaan korban pelecehan seksual Saipul Jamil.

Artikel Asli