Kabar terbaru 9 raja film Mandarin 90-an, Tony Leung main film Marvel

brilio.net | Seleb | Published at Kamis, 16 September 2021 - 06:40
Kabar terbaru 9 raja film Mandarin 90-an, Tony Leung main film Marvel

Brilio.net - Film-film Mandarin menjadi salah satu yang populer di era 80 dan 90-an. Dari sana lahirlah sejumlah nama besar yang ketenarannya nggak hanya di negara asalnya China, tapi juga mendunia.

Saat masih kecil kita sering menonton film Mandarin yang dibintangi beberapa aktor Mandarin seperti Jackie Chan. Ada banyak pula aktor Mandarin yang terkenal pada era 90-an. Mulai dari Donnie Yen dengan film ikoniknya IP Man, Stephen Chow, hingga Jet Li. Kerap membintangi banyak film Mandarin populer, nggak heran bila para deretan aktor ini dijuluki sebagai raja film Mandarin.

Para aktor Mandarin ini pun sampai sekarang masih terkenal. Banyak di antaranya kini sudah berusia di atas 50 tahun. Namun di usia setengah abad, mereka masih energik dan terlihat awet muda.

Pasti banyak yang penasaran seperti apa kabar para raja film Mandarin 90-an? Berikut potret terbaru mereka seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (16/9).

1. Jackie Chan.

foto: Instagram/@jackiechan

Bintang film laga ini tentu tak asing bagi generasi 90-an. Ketenaran Jackie Chan makin meroket karena film Rush Hour yang dibintanginya bersama Chris Tucker. Suara khasnya juga mengisi untuk film animasi Kungfu Panda. Di usianya yang sudah menginjak 67 tahun, Jackie Chan ternyata masih bermain di sejumlah film, salah satunya film Vanguard yang rilis pada 2020.

2. Tony Leung.

foto: Instagram/@tonyleung_official

Tony Leung masih terlihat sangat gagah di usianya yang sudah memasuki 59 tahun. Aktor Hong Kong yang dikenal lewat serial The Legend of the Condor Heroes ini kembali aktif di layar perfilman. Tony Leung digaet Marvel buat memerankan Wenwu atau Mandarin, supervillain di Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings.

3. Jet Li.

foto: Instagram/@jetli

Jet Li yang kini berusia 58 tahun juga salah satu aktor laga Mandarin legendaris. Jet Li sejak dulu terkenal sebagai aktor spesialis film kungfu. Kariernya semakin melejit semenjak bermain dalam film Once Upon a Time in China sebagai Wong Fei Hung yang membawanya mencicipi akting di film-film Hollywood seperti The Expendables atau Lethal Weapon 4.

Kabar terbaru, Jet Li masuk dalam daftar artis yang di-blacklist di China. Hal ini disebabkan atas adanya pembatasan baru untuk selebriti dengan kewarganegaraan asing. Seperti diketahui, Jet Li memiliki kewarganegaraan Singapura.

4. Andy Lau.

foto: Instagram/@andylauox

Pencuri hati fans pada masanya, Andy Lau dengan segudang talenta ini sudah berusia 59 tahun. Aktor yang namanya melejit setelah berperan sebagai Yang Guo dalam Return of The Condor Heroes ini pun masih eksis dan menjadi aktor legendaris yang dihormati di industri perfilman dunia.

5. Stephen Chow.

foto: Weibo/The New King of Comedy

Stephen Chow dikenal sebagai aktor laga komedi, seperti Kung Fu Hustle ini telah berusia 59 tahun. Kabar terbarunya, Stephen Chow berencana untuk berkolaborasi dengan Tencent Video dalam memproduksi film online. Meski belum ada informasi lebih rinci, dari tanggal rencana rilis atau jalan cerita yang diungkapkan, namun hal tersebut dilihat sebagai upaya untuk menghidupkan kembali kariernya.

6. Chow Yun Fat.

foto: Instagram/@carinalau1208

Nama Chow Yun Fat dikenal publik sebagai seorang aktor film laga. Salah satunya adalah Crouching Tiger, Hidden Dragon yang memenangkan penghargaan dalam kategori Best Foreign Language Film di Academy Awards tahun 2000 silam.

Di luar kariernya sebagai aktor, ternyata Chow Yun Fat juga memiliki segudang pencapaian yang nggak kalah kerennya. Terbaru, aktor 66 tahun ini dianugerahi gelar Doktor Kehormatan Humaniora oleh Hong Kong Baptist University.

7. Aaron Kwok.

foto: Instagram/@aaronkwokxx

Aaron Kwok pernah populer di Indonesia kala film-film Mandarin banyak tayang di stasiun TV sekitar 90-an lalu. Wajah gantengnya sukses memikat kaum hawa. Sampai sekarang dia masih aktif akting di layar kaca. Bukan cuma itu saja, aktor berusia 55 tahun ini juga masih dipercaya sebagai model iklan beberapa produk.

8. Dicky Cheung.

foto: Instagram/@dickycheungifc

Serial laga asal Hong Kong yang berjudul Kera Sakti merupakan salah satu tontonan favorit dari berbagai kalangan usia. Dicky Cheung yang berperan sebagai sang tokoh utama, Sun Go Kong kini telah berusia 56 tahun dan lebih sering tampil plontos. Meski sudah tak muda lagi, Dicky rupanya masih cukup aktif di dunia hiburan, terutama sebagai penyanyi.

9. Donnie Yen.

foto: Instagram/@donnieyenofficial

Donnie Yen merupakan aktor Mandarin yang sering membintangi film action. Keahliannya dalam seni bela diri selalu membuat penonton terpukau. Lihat saja aksinya dalam film IP Man. Film tersebut membuat namanya populer dan punya banyak fans hingga saat ini.

Makin tua makin hits, aktor berusia 58 tahun ini akan beradu akting bersama Keanu Reeves dalam film John Wick 4 yang dijadwalkan rilis pada tahun 2022 mendatang.

Artikel Asli