Sempat Dikritik Sherina dan Manohara, Bupati Badung Serahkan Owa Siamang ke BKSDA Bali

inewsid | Seleb | Published at 15/09/2021 13:40
Sempat Dikritik Sherina dan Manohara, Bupati Badung Serahkan Owa Siamang ke BKSDA Bali

JAKARTA, iNews.id - Sempat menuai kritik dari netizen hingga publik figur usai mengunggah video owa siamang, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta akhirnya menyerahkan satwa liar itu ke BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Bali. Hal tersebut diketahui dari media sosial Instagramnya, Rabu (15/9/2021).

Hari ini Rabu 15 September 2021 saya menyerahkan mimi (nama owa siamang) yang diterima langsung oleh bapak kepala BKSDA Bali. Terima kasih atas perhatian dan saran dari teman-teman semua, kata Giri Prasta di unggahan video Instagramnya, hari ini.

Dalam video itu, tampak bupati Badung tersebut mengenakan busana serba hitam. Dia terlihat membawa serta owa siamang atau kera hitam yang berada dalam kandang berwarna biru.

Semoga nanti Mimi bisa berkembang biak karena dia merupakan hewan primata yang cerdas dan termasuk juga mamalia yang menyusui, ujarnya dalam video itu.

Dia juga menyerahkan surat kepada kepala BKSDA Bali dan sekaligus meminta maaf. Izinkan saya Giri Prasta, kalau memang ada yang merasa risih dan atau bagaimana, saya hari ini menyampaikan permohonan maaf yang setulus-tulusnya kepada kalian semua, kata dia.

Seperti diketahui, sebelumnya, Giri Prasta menuai kritik usai mengunggah video yang memperlihatkan dirinya sedang mengajari satwa liar owa siamang untuk berjalan. Hallo guys, ini namanya Mimi. Jadi, kita rawat dia dengan baik, kita sudah beri obat semua, dan sekarang saatnya dia saya ajarkan untuk berjalan, ujarnya dalam video di Instagram.

Tak lama diunggah, postingan tersebut pun diserbu warganet hingga selebriti, termasuk Sherina dan Manohara Odelia Pinot. Wild animals are NOT pets, kata Sherina di kolom komentar.

Owa Siamang (Symphalangus syndactylus) merupakan salah satu jenis primata yang dilindungi sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, komentar Manohara.

Komentar bernada serupa juga dituliskan netizen dan beberapa akun centang biru. Namun, setelah Mimi diserahkan ke BKSDA, postingan tersebut pun sudah dihapus.

Artikel Asli