Kang Ibing Pelawak Serba Bisa, Memulai Karier Jadi Penyiar Radio Main Film hingga Asisten Dosen

inewsid | Seleb | Published at 15/09/2021 11:52
Kang Ibing Pelawak Serba Bisa, Memulai Karier Jadi Penyiar Radio Main Film hingga Asisten Dosen

JAKARTA, iNews.id - Nama Kang Ibing sudah tidak asing di jagat hiburan, khususnya di dunia lawak Indonesia. Dia terkenal sebagai seorang pelawak sekaligus aktor Tanah Air yang populer di era 1970-an hingga 1990-an.

Menilik dari perjalanan hidupnya, Kang Ibing memulai karier sebagai penyiar radio dan pembawa acara. Pelawak asal Tanah Pasundan ini lalu melejit lewat film Si Kabayan garapan Sofyan Sharna yang tayang pada 1975.

Dari situlah pemilik nama asli Raden Aang Kusmayatna Kusiyana Samba Kurnia Kusumadinata tersebut terjun ke dunia film. Usai Si Kabayan, Kang Ibing kembali membintangi sejumlah film Indonesia era 1970 hingga 1990-an.

Beberapa film yang dibintanginya itu di antaranya Ateng The Godfather (1976), Bang Kojak (1977), Apanya Dong (1983), Si Kabayan dan Gadis Kota (1989), Boss Carmad (1990), Komar Si Glen Kemon Mudik (1990), Warisan Terlarang (1990), dan Di Sana Senang Di Sini Senang (1990).

Selain film dan komedi, Kang Ibing juga sempat aktif dalam kesenian Sunda bersama maestro wayang golek Indonesia, Asep Sunandar Sunarya. Tak sampai di situ, di luar dari industri hiburan, pria asal Sumedang ini juga seorang aktif di dunia pendidikan.

Kang Ibing tercatat sempat mengenyam pendidikan tinggi jurusan Sastra Rusia di Fakultas Sastra Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung. Saat menjadi mahasiswa, dia juga pernah menjabat sebagai Penasehat Departemen Kesenian Unpad, dan Staf Asisten Dosen Fakultas Sastra Unpad.

Di akhir hidupnya, Kang Ibing bahkan dikenal sebagai seorang dai atau penceramah yang sudah melanglang buana di Pulau Jawa, Luar Jawa, bahkan luar negeri.

Yang saya tahu, kebanyakan beliau ceramah tuh awalnya hanya di kota-kota Bandung, kemudian melebar ke Jawa Barat, kadang-kadang beliau juga keluar Jawa, keluar negeri. Ada yang ke Jepang, Australia, dan terakhir sebelum meninggal itu ke Korea Selatan, ujar putra kandung Kang Ibing, Dikdik Kusmadika, dikutip dari kanal YouTube VDVC Religi, Rabu (15/9/2021).

Aktif berceramah hingga akhir hidupnya, Kang Ibing meninggal dunia di usia 64 tahun pada 19 Agustus 2010. Jenazah Kang Ibing dimakamkan di pemakaman Gunung Puyuh, Kabupaten Sumedang. Kepergian sang legenda dunia lawak Indonesia ini meninggalkan seorang istri dan tiga orang anak, yakni Dikdik Kusmadika, Mega Kusmananda, dan Diane Fatmawati.

Artikel Asli