Bikin Kezel Netizen, Ini 7 Kasus Kontroversial TV Mnet

aegyo.id | Seleb | Published at 09/09/2021 13:59
Bikin Kezel Netizen, Ini 7 Kasus Kontroversial TV Mnet

Aegyo.id Stasiun tv Mnet belakangan kerap menjadi bulan-bulanan netizen. Saluran yang menampilkan hiburan dan musik Korea Selatan itu diperkirakan mulai mendapat kritik tajam sejak menggelar ajang penghargaan musik MAMA (Mnet Asian Music Awards).

Kini, kantor penyiaran milik CJ ENM tersebut kembali menuai komentar pedas hingga menjadi trending topic di Twitter. Ada apa? Sebelum itu, baca dulu deretan kasus kontroversial yang pernah dilakukan tim Mnet berikut ini.

1. Tim yang Kurang Profesional untuk Acara MAMA

Image from Instagram @mnet_mama

Stasiun televisi berbayar Mnet dipilih untuk menayangkan program yang punya ambisi untuk menciptakan ajang Grammy Awards ala Negeri Gingseng. Kemudian dibentuklah program tahunan bertajuk MAMA yang sudah diadakan sejak tahun 1999 dan terus berkembang hingga digelar ke luar Korea.

Tapi sayang, penyelenggaraannya selalu menimbulkan kontroversi dalam beberapa tahun terakhir. Di antaranya, netizen menemukan keanehan pada sistem voting, tim MAMA tidak profesional dalam menangani artis penampil serta persiapan panggung, hingga perlakuan tidak adil antara idol dan aktor.

2. Berselisih dengan Agensi Besar

Image from Instagram @mnet_official

Sudah menjadi rahasia umum jika Mnet punya sejarah perselisihan dengan SM Entertainment dan YG Entertainment . Menurut informasi dari NamuWiki, konflik tersebut bermula dari gagalnya CJ Media untuk mengakuisisi SM Entertainment sehingga penyanyi di bawah label itu tidak muncul di Mnet, dan sebaliknya, Mnet memperlakukan artis SM Entertainment seolah tidak ada.

Hubungan perusahaan dengan agensi YG Entertainment juga menjadi renggang sejak akhir tahun 2016. Performer asuhan Yang Hyung Suk itu tidak pernah muncul di Mcountdown ataupun menghadiri MAMA, dan artis Jellyfish yang berafiliasi dengan CJ ENM pun tidak berpartisipasi dalam program Mix Nine yang diproduksi oleh YG Entertainmnet.

Namun, ketiganya kini menunjukkan tanda akur dengan menyiarkan reality show NCT di Mnet pada bulan Oktober 2020 lalu. Buktinya lagi TREASURE, Rose BLACKPINK, solois Somi, serta iKON mulai muncul di M Countdown dan bahkan iKON bergabung di program Kingdom.

3. Manipulasi Voting Produce X 101

Image from Instagram @produce_x_101

Program survival bertajuk Produce 101 adalah ajang yang diikuti oleh ratusan trainee dari berbagai agensi. Para peserta dengan perolehan suara tertinggi di ajang ini bisa berkesempatan debut dalam grup yang sudah disiapkan.

Namun usai malam dinal Produce X 101, fans membandingkan voting total dan melihat perbedaan jarak dari para trainee yang menang dan mencurigai adanya manipulasi pada text voting .

Meski sempat membantah segala spekulasi kecurangan, Ahn Joo Young selaku produksi acara kemudian mengakui tindakan curang yang dilakukannya dan dijatuhi hukuman dua tahun penjara.

4. Jago Evil Editing

Image from Instagram @mnet_official

Di balik kesuksesan series survival milik Mnet, banyak penggemar menduga pihak produksi telah melakukan evil editing dalam episode-episode yang ditayangkan. Evil editing sendiri merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut proses editing yang memberikan kesan buruk pada pihak-pihak tertentu.

Selain Produce 101, program terbarunya yakni Girls Planet 999 juga dibumbui ketegangan secara sengaja sehingga membuat kontestan ke dalam imej negatif. Salah satu korban evil editing dari Mnet adalah trainee Fu Yaning yang terlihat seolah-olah membenci rekannya yang bernama Yujin.

5. Staff Tidak Diperlakukan dengan Baik

Image from Instagram @mnetiland

Mnet pernah bekerja sama dengan agensi HYBE Entertainment untuk membentuk ajang survival bertajuk I-LAND. Namun sebelum resmi tayang, program ini sudah diterpa rumor tidak memperlakukan staff produksi dengan baik.

Menurut laporan, tim produksi I-LAND kerap kali bekerja melebihi batas dan tidak dibekali dengan keselamatan kerja yang layak.

Selain itu, staff juga diduga mendapatkan perintah untuk mengumpulkan petisi dukungan bagi Ahn Joon Young dan Kim Young Beom yang saat itu sedang diadili karena skandal manipulasi voting acara Produce 101.

6. Tayangkan Lirik Lagu Pelecehan

Image from Instagram @mnet_hiphop

Mino WINNER pada tahun 2015 lalu unjuk kemampuan rap -nya dengan tampil di kompetisi Show Me the Money. Namun, ia harus menerima kritik karena lirik lagu yang dituding melecehkan perempuan dan dokter kandungan.

Sang rapper pun sempat dikecam Asosiasi Obstretik & Ginekologi Korea (KAOG) dan minta maaf atas tindakannya yang menimbulkan ketidaknyamananan bagi beberapa pihak.

Kontroversi ini tentu juga menjadi kelalaian stasiun tv, sehingga Mnet pun mendapat sanksi tegas dari asosiasi penyiaran karena tetap menayangkan lagu lagu Mino tersebut.

7. Gunakan Remix Suara Adzan

Image from Instagram @mnet_official

Baru-baru ini, Mnet kembali membuat berang banyak pihak setelah tayangkan episode dari program kompetisi dance Street Woman Fighter.

Melalui episode terbarunya, diduga mereka meremix suara adzan yang mana merupakan panggilan sholat untuk umat Islam sebagai background music mereka.

Hal ini membuat banyak pihak naik pitam khususnya umat muslim yang kini berbondong menaikkan tagar #mnetapologize dan telah melampaui 20 ribu cuitan di Twitter. Namun, pihak stasiun tv tersebut belum menanggapi apapun terkait kontroversi ini.

Artikel Asli