Jayanthi Mandasari Penyanyi Bersuara Lembut Era 1980-an, Kiprahnya Dikenal Se-Asia

Seleb | inewsid | Published at Rabu, 01 September 2021 - 15:44
Jayanthi Mandasari Penyanyi Bersuara Lembut Era 1980-an, Kiprahnya Dikenal Se-Asia

JAKARTA, iNews.id Bagi penggemar musik pop 1980-an, sosok Jayanthi Mandasari pasti tidak asing lagi. Jayanthi yang gemar bernyanyi sejak kecil ini terkenal sukses melantunkan banyak hits seperti Darling dan Ingkar.

Dalam ranah musik kala itu, Jayanthi bukan hanya dikenal di Tanah Air. Karier bermusiknya bahkan dikenal sampai ke kawasan Asia seperti di negara Brunei, Malaysia, dan Thailand,

Dilansir melalui Talk Show JCL di kanal YouTube milik Jose Choa Linge, Jayanthi menceritakan sudah sering ikut lomba-lomba menyanyi di SD dan di tingkat RT. Saking antusiasnya dalam setiap lomba dia sering menang.

Kalau di sekolah nggak perlu dipanggil udah naik duluan ke panggung, kata Jayanthi.

Karena gemar menyanyi, sang ibu yang merupakan kontraktor pun sering membawanya ke latihan-latihan band lokal di mana Jayanthi menyanyikan satu-dua lagu. Meski tak dibayar, Jayanthi yang saat itu masih berusia 12 tahun merasa senang-senang saja karena bisa menyanyi di atas panggung.

Tak disangka, ketika usianya menyentuh 14 tahun, Jayanthi sudah ditemukan oleh pencari bakat dari RRI. Semakin sering tampil suara Jayanthi kian terdengar di kalangan produser. Alhasil banyak yang menyukai karakter suaranya yang manis dan cocok menyanyikan lagu-lagu genre pop.

Aku kan disodorin lagu ya, langsung cepet aja. Aku pikir cuma nyoba, dikasih sepuluh lagu. Eh nggak sampe seminggu orang DD Records dateng ke rumah bawa duit cash," ujar Jayanthi.

Rupanya, tanpa memakan waktu lama, Jayanthi sudah diajak berfoto di teras DD Records dan menghasilkan satu kaset pertamanya, album Darling pada 1982.

Tak hanya mendapatkan album dan uang, Jayanthi juga diberikn mobil dari labelnya, yaitu Mitsubishi Gallant setelah album Darling dan Ford Laser yang kemudian digunakan untuk foto cover album selanjutnya,

Dulu habis Darling dapet Gallant, eh tau-tau mau rekaman lagu baru diajak ambil mobil lagi, Ford Laser. Terus disuruh foto dalem mobil, mejeng lah aku di dalem. Habis itu, nggak lama, fotonya jadi cover album Memori Bulan Januari, ujarnya.

Berkat kesuksesannya di DD Records, pada 1984 Jayanthi pun berpindah ke Union Artists dan bertemu para musisi beken Indonesia, seperti Dodo Zakaria, Erwin Gutawa, hingga Willy Soemantri. Menggarap album Ingkar ciptaan Cecep AS, nama Jayanthi pun semakin naik di dunia musik.

Tak hanya bernyani Jayanthi juga sempat berperan di dalam film Kamus Cinta Sang Primadona bersama banyak musisi lainnya pada 1988, sebelum akhirnya dia berhijrah ke Brunei untuk tinggal bersama suaminya dan berkeluarga.

Artikel Asli