5 Lagu Bertema Kemerdekaan yang Bangkitkan Jiwa Nasionalisme

okezone | Seleb | Published at 16/08/2021 23:01
5 Lagu Bertema Kemerdekaan yang Bangkitkan Jiwa Nasionalisme

JAKARTA - HUT RI merupakan momen yang selalu dinantikan oleh masyarakat di Tanah Air. Perayaan Hari Kemerdekaan biasanya dimeriahkan dengan acara perlombaan serta iringan musik.

Kehadiran musik bertema kemerdekaan mampu memantik semangat nasionalisme para pendengarnya. Mengingatkan jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawa demi membebaskan Tanah Air dari penjajah.

Menyambut HUT RI ke-76, berikut ini kami rangkum 5 lagu bertema kemerdekaan yang wajib Anda dengarkan di momen 17 Agustus nanti.

Ultah ke-22 Salmafina Sunan Makin Bohay, Netizen: Secantik Barbie

Aura Kasih Pamer Wajah Belum Mandi, Netizen: Untung Gak Bau Ikan Asin

1. Kebyar-Kebyar

Semangat nasionalisme bisa muncul setelah Anda mendengarkan lagu Kebyar-Kebyar. Lagu yang diciptakan Gombloh ini rilis pada 1979 melalui label Golden Hand Record.

Kebyar-Kebyar bahkan sukses dinobatkan sebagai salah satu dari 150 Lagu Indonesia Terbaik oleh majalah Rolling Stone. Hingga kini, lagu yang menjadi trade mark Gombloh tersebut pasti selalu dikumandangkan dalam perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia.

2. Bendera

Lagu yang dibawakan band Cokelat ini seolah wajib diputar setiap perayaan 17 Agustus. Uniknya lagu ini bukan diciptakan personel Cokelat, melainkan Eross Sheila on 7 untuk soundtrack film berjudul serupa yang rilis 2002.

Bendera memiliki aransemen musik yang penuh semangat. Liriknya membangun jiwa nasionalisme tentang semangat menjaga kehormatan bangsa lewat berkibarnya sang Merah Putih.

3. Garuda di Dadaku

Biasa dikumandangkan ketika Timnas Indonesia berlaga di pertandingan bola, lagu Garuda di Dadaku juga tepat untuk didengarkan dalam perayaan Hari Kemerdekaan.

Sesuai dengan judulnya, Garuda adalah lambang negara Indonesia. Lirik serta aransemen lagu yang dipopulerkan NTRL ini mampu menggobarkan jiwa nasionalisme dan semangat mengharumkan nama bangsa.

Artikel Asli