Kemerdekaan bagi Sejumlah Artis, dari Aurelie Moeremans hingga Rossa

jawapos | Seleb | Published at 16/08/2021 23:33
Kemerdekaan bagi Sejumlah Artis, dari Aurelie Moeremans hingga Rossa

JawaPos.com Perayaan HUT Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia jatuh pada Selasa (17/8). Sejumlah artis tanah air menyampaikan pendapat mereka terkait kemerdekaan dalam versinya masing-masing. Mereka adalah Aurelie Moeremans, Rossa, Rayi RAN, Dipha Barus, hingga Ivan Gunawan.

Dipha Barus mengungkapkan, kemerdekaan di tengah situasi sulit dihadapi oleh banyak orang seperti sekarang baru terjadi apabila masyarakat saling membantu satu satu sama lain. Yang diberi keleluasaan rezeki membantu mereka yang kesulitan ekonomi, yang kuat membantu mereka yang lemah.

Bagi gua makna kemerdekaan ketika manusia Indonesia saling bahu membahu membantu sesama. Pandemi ini akan lewat kalau kita semua saling bersatu. Kita sama sama manusia, kata Dipha Barus.

Aurelie Moeremans mengungkapkan, merdeka dalam sudut pandangnya ketika Indonesia bisa terbebas dari ancaman Covid-19. Perempuan berusia 28 tahun itu berharap kemerdekaan Indonesia dari Covid-19 bisa cepat terwujud dengan adanya vaksin. Aurelie mengajak semua orang melakukan vaksin guna menyongsong kemerdekaan dari pandemi di tahun depan.

Tahun ini kan sudah ada vaksin, kita semua melakukan vaksin biar tahun depan kita merdeka dari virus, ucap pemain film Story of Kale: When Someones in Love itu.

Rayi RAN menyatakan, kemerdekaan dalam pandangannya akan terwujud ketika orang yang memiliki selera berbeda-beda dalam bermusik atau apapun itu, tetap menghargai orang lain yang memiliki selera berbeda dari orang itu. Karena sudah hukum alam setiap orang punya sisi perbedaan dengan orang lain. Perbedaan seharusnya menjadi sebuah kekayaan yang indah dan saling melengkapi, bukan malah menciptakan mala petaka.

Kunto Aji juga mengungkapkan hal senada. Tantangannya kita mudah terbelah dan terkotak-kotakan. Walaupun kita punya persepsinya masing-masing, pandemi ini kita bisa lalui kalau kita bareng-bareng, katanya.

Rossa menyatakan, kemerdekaan di Indonesia bakal terjadi ketika orang-orang memiliki selera musik bermacam-macam dan para penyanyi atau musisi tidak lagi mengacu pada market tertentu. Para musisi bisa dengan bebas berkreasi sesuai dengan idealismenya. Menurut aku merdeka ketika apapun yang kita suguhkan ada saja pendengarnya, ujarnya.

Sementara itu, Ivan Gunawan mengungkapkan bahwa merdeka adalah ketika seseorang bebas berkreasi sesuai dengan kehendak diri sendiri. Kendati demikian, kebebasan berkreasi itu harus dilandasi dengan sebuah rasa tanggung jawab. Lelaki yang akrab disapa Igun pun menyindir sikap warganet yang bebas menggunakan media sosial tapi masih banyak yang menggunakannya secara tidak bertanggung jawab.

Menurut saya seperti itu. Karena sekarang ini adanya sosial media kita banyak ketakutannya. Ke kiri takut salah, kanan takut salah. Ngomgong A dipelintir jadi ngomong B, ucap Ivan Gunawan.

Artikel Asli