16 Daftar Tokoh Rengasdengklok Terbaru dan Kisah Penyebab Soekarno Diculik

Seleb | kuyou.id | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 00:05
16 Daftar Tokoh Rengasdengklok Terbaru dan Kisah Penyebab Soekarno Diculik

Berikut16 daftar tokoh Rengasdengklok terbaru dan kisah penyebab Soekarno diculik.

Pada satu hari sebelum kemerdekaan Indonesia, ada satu peristiwa yang penting. Peristiwa itu dinamakan Peristiwa Rengasdengklok.

Peristiwa Rengasdengklok sendiri adalah peristiwa dimana Soekarno dan Mohammad Hatta yang merupakan tokoh penting golongan tua, diculik olehgolongan muda ke Rengasdengklok. Penculikan itu didasari karena keinginan golongan muda untuk segera menggelar proklamasi kemerdekaan Indonesia, setelah mendengar kabar bahwa Jepang menyerah kepada Sekutu.

Nah buat kamu yang belum tahu siapa saja daftar tokoh Peristiwa Rengasdengklok ini, yuk simak 16 daftar tokohnya.

16 Daftar Tokoh Peristiwa Rengasdengklok


Golongan Tua

1. Soekarno

2. Mohammad Hatta

3. Ahmad Soebardjo

Golongan Muda

1. Sukarni

2. Chaerul Saleh

3. Yusuf Kunto

4. Dr. Muwardi

5. Shodanco Singgih

6. Wikana

7. Sayuti Melik

8. Sudiro

9. BM Diah

10. Djohar Nur

11. Kusnandar

12. Subadio

13. Subianto

14. Margono

15. Adam Malik

16. Armansyah

Penyebab Soekarno Diculik


Setelah mendengar kabar bahwa Jepang menyerah dari Sekutu,Pada tanggal 15 Agustus 1945, golongan muda mengadakan rapat di Pegangsaan Timur, Jakarta, terkait kapan pengumuman Proklamasi Kemerdekaan Indonesia sebaiknya dilakukan.Rapat yang dipimpin oleh Chaerul Saleh ini kemudian menyepakati bahwa kemerdekaan Indonesia adalah keputusan dari rakyat Indonesia, bukan Jepang.

Golongan muda pun mendesak golongan tua yang pada saat itu diwakili olehSoekarno dan Hatta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada 16 Agustus 1945. Namun, Soekarno menolak dan ingin mendiskusikannya terlebih dahulu bersama dengan Pantia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).

Karena ditolak, Wikana dan Darwis kembali dan mengadakan rapat yang digelar di Jalan Cikini 71, Jakarta. Rapat tersebut dihadiri oleh para tokoh golongan muda lainnya.Mereka pun membawa atau menculik Soekarno dan Hatta ke Rengasdenglok, dengan tujuan menjauhkan mereka dari pengaruh Jepang dan mendesak agar mereka mau untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia secepatnya tanpa pengaruh Jepang.

Di Rengasdengklok, Soekarno memutuskan untuk bersedia mengadakan proklamasi secepatnya.Golongan tua dan golongan muda pun menyepakati keputusan bahwa proklamasi kemerdekaan harus dilakukan di Jakarta oleh Soekarno.

Ahmad Soebardjo pun datang untuk menjemput Soekarno dan Hatta, dan berjanji akan diadakan proklamasi kemerdekaan setibanya di Jakarta. Dan sepakati bahwa Proklamasi Kemerdekaan akan dilaksanakan pada tanggal17 Agustus 1945 selambat-lambatnya pukul 12.00 WIB.

Nah itulah16 daftar tokoh Rengasdengklok terbaru dan kisah penyebab Soekarno diculik. Gimana, sekarang udah tahu kan?

Artikel Asli