Fakta Dibalik Mundurnya Rektor UI Sebagai Wakil Komisaris Utama Bank BRI, Apresiasi dari Dosen UI

kuyou.id | Seleb | Published at 22/07/2021 17:55
Fakta Dibalik Mundurnya Rektor UI Sebagai Wakil Komisaris Utama Bank BRI, Apresiasi dari Dosen UI

Berikut beberapa fakta dibalik mundurnya Rektor UI sebagai Wakil Komisaris Utama Bank BRI, ada apresiasi dari Dosen UI gaes.

Sebelumnya, jagat media sosial Indonesia, khususnya Twitter ramai membicarakan sosok Ari Kuncoro, Rektor Universitas Indonesia (UI) yang melanggar statuta UI. Ari Kuncoro diketahui memiliki rangkap jabatan, sebagai Rektor UI dan juga Wakil Komisaris Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI).



Hal ini melanggar statuta UI yang berisi bahwa seorang Rektor UI tidak boleh memiliki rangakap jabatan di BUMN maupun BUMD. Namun, setelah melanggar statuta UI tersebut, ternyata Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo merevisi statuta tersebut yang membuat Ari Kuncoro bisa memiliki rangkap jabatan. Hal ini membuat netizen semakin geram dan makin membully Rektor UI tersebut.


Setelah viral dan ramai, keesokan harinya, Ari Kuncoro resmi mundur dari jabatannya sebagai Wakil Komisaris Utama Bank BRI.


Nah gaes, berikut beberapa fakta dibalik mundurnya Rektor UI dari jabatannya sebagai Wakil Komisaris Utama Bank BRI.


1. Mendapatkan Kritik dari Tokoh Politik




Setelah Presiden Jokowi merevisi statuta UI tersebut, banyak tokoh politik yang mengkritik keputusan Jokowi tersebut. Salah satunya adalah mantan Wakil Ketua DPR RI dan juga Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon. Fadli Zon membuat sebuah tweet di akun Twitter miliknya@fadlizon yang menyayangkan keputusan Presiden Jokowi.


2. Muncul Singgungan Lucu Namun Pedas dari Netizen




Tidak hanya tokoh politik, banyak pula netizen Twitter Indonesia yang mengkritik keputusan Presiden Jokowi ini. Namun, mereka tidak memberikan kritik yang serius, melainkan kritik lucu namun pedas.


Seperti tweet dari akun Twitter bernama@DonAdam68. Ia membuat membuat tweet yang menyinggung Rektor UI yang bisa merubah statuta UI.

3. Apresisasi dari Dosen UI



Setelah memutuskan untuk mundur dari jabatannya sebagai Wakil Komisaris Utama Bank BRI, Ari Kuncoro diberi apresiasi atas tindakannya. Salah satunya oleh ketua MUI Pusat Cholil Nafis, yang juga merupakan Dosen UI memberikan apresiasi berupa cuitan di akun Twitter miliknya@cholilnafis.


Nah gaes, itulah fakta dibalik mundurnya Rektor UI sebagai Wakil Komisaris Utama Bank BRI. Sebelum mundurnya Ari Kuncoro Sebagai Wakil Komisaris Utama Bank BRI, terdapat kritik dari beberapa tokoh politik, pengamat politik, serta netizen. Setelah mundur, Dosen UI mengapresiasi sikap dan tindakan Rektor UI tersebut.



Artikel Asli