The Devil Judge dan 7 Drama Bertema Hukum Ini Wajib Masuk List Pecinta K- Drama

aegyo.id | Seleb | Published at 22/07/2021 13:13
The Devil Judge dan 7 Drama Bertema Hukum Ini Wajib Masuk List Pecinta K- Drama

Aegyo.id Berikut list drama Korea bertema hukum yang seru untuk ditonton karena banyak kasus hukum yang kadang sulit dan rumit untuk diselesaikan di meja pengadilan. Karakter hakim, jaksa, aparat berwenang hingga pengacara dalam drama Korea ini berusaha menegakkan keadilan dengan caranya masing-masing yang membuat kita sedikit banyak belajar tentang keadilan yang sesungguhnya.

1. Lawless Lawyer (2018)

Image from tvN

Drama Korea Lawless Lawyer menghadirkan hal yang berbeda dari sudut pandang peran antagonisnya. Di sini, karakter jahat agak sulit ditebak karena melibatkan hakim yang berkuasa hingga kehadiran seorang preman menyebalkan.

Karakter utama yang diperankan Lee Joon Ki merupakan pengacara yang kadang agak sedikit kebablasan alias ilegal saat berupaya menegakkan keadilan. Menariknya selain penuh plot twist yang menengangkan, kadang ada adegan humor yang diselipkan dalam drama.

2. Suits (2018)

Image from KBS

Sama seperti judulnya, sepanjang drama ini pemirsa akan dimanjakan dengan karakter maskulin dalam balutan jas. Suits bercerita seputar kehidupan pengacara papan atas dengan dialog intelek serta jokes yang classy.

Kisahnya mengenai seorang pengacara senior di sebuah firma hukum yang mengangkat seorang pemuda cerdas yang sedang dalam tahanan untuk menjadi pengacara juniornya. Meski keduanya bersama-sama memecahkan kasus hukum namun tokoh Go Yeon Woo (Park Hyung Sik) merasa tak tenang karena ia adalah seorang pengacara ilegal'.

3. Witchs Court (2017)

Image from KBS

Drama ini memaparkan macam-macam kasus kekerasan pada perempuan dan anak-anak. Melalui drama ini dapat dipahami bahwa perempuan tidak hanya selalu jadi korban, melainkan bisa juga sebagai pelaku kekerasan seksual.

Walaupun drama ini tergolong berat dan banyak adegan menegangkan, tetapi humor yang disajikan cukup meghibur dan mencairkan suasana yang tegang. Witchs Court merupakan salah satu tontonan yang bikin nagih meski sering dibuat kesal dengan sang penjahat.

4. Hyena (2020)

Image from SBS

Hyena merupakan drama dengan plot twist yang lumayan bikin melongo, kental komedi dan menyebabkan baper karena interaksi love-hate relationship antar karakter utama. Ini adalah tayangan bertema hukum yang antimainstream karena sang pengacara bukan berpihak pada kebenaran melainkan pada klien berduit, di mana tak peduli benar atau salah yang penting menang di mata pengadilan.

Dari kisah ini diketahui bahwa pentingnya posisi kuasa hukum karena kadang ada kuasa hukum yang melegalkan segala cara hanya untuk mendapatkan uang tanpa peduli akan hukum.

5. Law School (2021)

Image from JTBC

Secara keseluruhan, ini adalah murni drama hukum dan nyaris tidak ada adegan romantis. Dialog yang diucapkan pun banyak mengambil istilah hukum, jadi butuh konsentrasi tinggi untuk menyimak alur cerita Law School ini.

Ada banyak nasihat yang bisa diambil dari drama seperti solidaritas pertemanan hingga kesungguhan dalam menuntut ilmu. Karena bagaimana bisa seorang mahasiswa hukum yang di masa depan akan menegakkan keadilan justru sudah berbuat hal melanggar hukum ketika kuliah?

6. Miss Hammurabi (2018)

Image from JTBC

Bukan tentang jaksa dan pengacara hebat yang saling beradu di pengadilan, Miss Hammurabi menceritakan tentang sisi manusiawi dari seorang hakim. Bagaimana sulitnya profesi tersebut ketika harus menjadi penengah dalam suatu kasus, serta perlu juga melihat sudut pandang lain atau dampak dari dakwaan mereka kelak.

Karya ini dikategorikan sebagai drama legal-romance yang menghangatkan hati. Karena selain menyajikan kisah romansa yang uwu, pemirsa pun akan dibuat mengharu biru dengan berbagai kasus yang ditangani ketiga hakim.

7. Diary of a Prosecutor (2019)

Image from JTBC

Jangan membayangkan Diary of a Prosecutor akan dipenuhi dengan atmosfir tegang saat adegan menangani kasus-kasus kriminal, yang ada malah condong ingin memperlihatkan sisi humanis seorang jaksa. Maka tak heran jika tontonan satu ini memiliki tema hukum namun bercita rasa komedi.

Kisahnya mengenai beberapa jaksa yang harus membagi waktu antara kerja, keluarga, menemukan cinta, dan ada kalanya mereka juga terbuai oleh ketamakan sesaat. Tak ada kemunculan tokoh antagonis lebay yang akan memporakporandakan pengadilan, tapi drama ini menyajikan kasus hukum yang banyak terjadi sehari-hari dan memang ditulis dari kumpulan esai para jaksa asli di dunia nyata.

8. The Devil Judge (2021)

Image from tvN

'The Devil Judge merupakan tayangan bertema hukum yang unik dan berbeda dari drama bertema hukum lainnya. Disebut seperti itu karena menampilkan sistem pengadilan baru yang mana Korea akan menjadi negara utopia.

Ya, masyarakat di dunia ini dapat terlibat dalam sebuah pengadilan. Masyarakat dapat menjadi juri lewat sidang yang disiarkan secara serentak serta diberi hak suara untuk voting apakah tersangka bersalah atau tidak. Well, sedikit seram yah!

Artikel Asli