Apa Kabar Rafika Duri, Penyanyi Top Era 1970-an Dikenal Bersuara Merdu

inewsid | Seleb | Published at 13/07/2021 10:55
Apa Kabar Rafika Duri, Penyanyi Top Era 1970-an Dikenal Bersuara Merdu

JAKARTA, iNews.id - Pencinta musik lawas Indonesia, pasti masih mengingat lagu Tertusuk Duri yang hits pada masanya. Lagu tersebut populer dibawakan oleh Rafika Duri, penyanyi senior era 1970-an yang sudah terjun ke kancah musik Tanah Air sejak 1971.

Perempuan kelahiran Bangka Belitung itu sudah mulai bernyanyi sejak berusia 11 tahun, di mana dia banyak memenangkan lomba-lomba di bidang tarik suara. Setelah menjadi juara pertama Pop Singer di Bangka, dia hijrah ke Jakarta dan mengasah bakat menyanyinya dengan les privat.

Bungsu 7 bersaudara dari Kemas Duri ini lalu terkenal saat menjuarai kontes adu vokal Bintang Radio dan Televisi pada 1976. Setelah itu, nama Rafika Duri populer lewat tembang Tertusuk Duri ciptaan A Riyanto.

Nama Rafika Duri semakin bersinar tatkala meraih penghargaan Gayageum Awards pada Festival Lagu Internasional lewat lagu Hanya Untukmu ciptaan A Riyanto pada 1978.

Di masa itu, perempuan yang lahir pada 20 Januari 1960 ini juga berduet dengan penyanyi Harvey Malaihollo dan memiliki sejumlah album duet.

Lalu, di era 1980-an, Rafika Duri mulai mencoba jenis musik bossas bersama Ireng Maulana dan menghasilkan empat album. Dia juga memiliki album bersama almarhum Chrisye dan Trio Libels pada tahun 1990 bertajuk Hening dan Kidung.

Lantas kini, apa kabar Rafika Duri? Berdasarkan penelusuran yang dilakukan iNews.id, Selasa (13/7/2021), sampai saat ini, penyanyi yang telah berusia 61 tahun itu masih terlihat cantik dan tetap aktif di dunia musik.

Hal itu terlihat dari unggahan akun Instagram @rafikadurishow yang memperlihatkan sang penyanyi sedang syuting untuk sebuah acara. Unggahan video pada tiga hari silam tersebut diketahui diambil sebelum masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Shooting sebelum PPKM, tulisnya di keterangan video Instagram.

Di luar karier keartisannya, Rafika Duri adalah istri, ibu, dan seorang nenek. Dia menikah dengan Sonny Kusuma Yuliarso pada Desember 1982. Dari pernikahan ini, mereka dikaruniai tiga orang anak dan satu cucu perempuan.

Artikel Asli