Apa Kabar Camelia Malik, Artis dan Penyanyi Dangdut Tercantik Era 1980-an

Seleb | inewsid | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 10:20
Apa Kabar Camelia Malik, Artis dan Penyanyi Dangdut Tercantik Era 1980-an

JAKARTA, iNews.id - Siapa yang tidak kenal Camelia Malik? Penyanyi dangdut tercantik yang namanya top hingga sekarang. Namun tidak banyak yang tahu, bahwa perempuan kelahiran 22 April 1955 justru mengawali kariernya di industri film.

Camelia Malik kecil diketahui tumbuh besar dalam lingkungan dunia perfilman. Ayahnya, Djamaludin Malik, merupakan tokoh perfilman Indonesia yang memiliki sebuah perusahaan film. Dia lalu mulai terjun bermain film pada saat usianya 16 tahun. Film perdana yang dibintanginya yaitu Ratna (1971).

Di film Ratna, Camelia Malik beradu akting dengan aktor sekaligus musisi Rachmat Kartolo. Sejak saat itu, artis berdarah Minang-Jawa-Sunda-Arab ini banyak membintangi film hingga era 1990-an.

Film-film yang telah dibintanginya yakni Angkara Murka (1972), Mencari Ayah (1974), Para Perintis Kemerdekaan (1977), Gengsi Dong (1980), dan film-film bersama Raja Dangdut Rhoma Irama seperti Nada-Nada Rindu (1987), serta Jaka Swara (1990).

Nama Camelia Malik di industri musik mulai mencuat ketika dia menyanyikan lagu Colak-colekgubahan suaminya saat itu yakni Reynold Panggabean. Lagu perdananya yang keluar pada era 1970-an itu sukses besar dan berhasil melambungkan namanya hingga sejajar dengan deretan penyanyi top dangdut seperti Rhoma Irama, Muchsin Alatas, Elvy Sukaesih, dan Rita Sugiarto.

Sejak saat itu, tepatnya pada era 1980-an, dia banyak menghasilkan lagu-lagu dangdut yang populer. Album-album musik berikutnya dari Camelia Malik di antaranya Raba-raba, Ceplas-ceplos, Gengsi Dong, Wakuncar, Murah Meriah dan Colak Colek II. Karya-karya tersebut sukses di pasaran, dan beberapa telah difilmkan.

Saat menjadi penyanyi dangdut, Camelia Malik juga tidak hanya tampil di Indonesia, tetapi hingga luar negeri dan membuat musik dangdut mendunia. Dia pernah tampil di Shibuya Seed Hall, Tokyo, Jepang, hingga di San Fransisco, Los Angeles, dan New York.

Setelah kesuksesan tersebut, lantas kini, apa kabar Camelia Malik?

Dilihat dari jejak kariernya, kini perempuan 66 tahun tersebut masih aktif di industri hiburan. Tidak hanya sebagai penyanyi dangdut, tetapi juga bintang sinetron. Tercatat, pada 2020 silam, dia bermain di sinetron Banyak Jalan Menuju Rhoma, Banyak Jalan Menuju Rhoma Tingkat 2, dan Sentuhan Ilahi.

Di luar kariernya, perempuan yang koni berhijab ini juga merupakan ibu dari dua anaknya, Azalia Malika dan Sadam Rizky. Itu merupakan dua anaknya dari pernikahan ketiganya dengan Harry Capri. Camelia dan Harry menikah pada 1989, namun bercerai pada 2013.

Artikel Asli