Pegawai KPK Buka-bukaan soal TWK di Trailer `The EndGame`

Seleb | urbanasia.com | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 14:15
Pegawai KPK Buka-bukaan soal TWK di Trailer `The EndGame`
"

Jakarta - Sebanyak 75 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) dinyatakan tidak lulus Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), salah satunya adalah penyidik senior KPK Novel Baswedan.

Karena tidak lulus TWK , Novel Baswedan dan 74 pegawai lainnya yang juga tidak lulus dinonaktifkan pada Selasa (11/5/2021).

Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Pimpinan KPK No 652 Tahun 2021 yang diteken Ketua KPK Firli Bahuri per tanggal 7 Mei 2021.

Lalu pada Selasa (25/5/2021) dari rapat di gedung Badan Kepegawaian Negara (BKN), para pimpinan KPK dan lembaga lainnya memutuskan hanya 24 dari 75 pegawai KPK yang bisa dibina untuk beralih status menjadi ASN.

Hal ini pun menjadi perhatian banyak pihak. Banyak yang menilai adanya kejanggalan di balik tes tersebut.

Para pegawai yang dipecat itu memutuskan buka suara memberi kesaksian lewat dokumenter yang dibuat Watchdoc Documentary berjudul 'The EndGame'.

Dalam trailer berdurasi 2 menit 19 detik itu, tampak lima orang pegawai KPK berbicara soal TWK yang belum lama ini mereka ikuti.

Mereka adalah Benedictus Siumlala Martin (Beni), Riswin, Herbert Nababan, Andre Dedy Nainggolan, dan Rasamala Aritonang.

Dalam cuplikan kesaksiannya, Beni menyebut beberapa soal dalam TWK tidak berhubungan dengan korupsi.

"Apa pendapat Anda tentang OPM? DI/TII? Tentang HTI? Tentang FPI? Lalu apa pendapat Anda tentang LGBT? Nggak ada korelasinya sama sekali dengan pemberantasan korupsi," kata Beni dalam trailer.

Para pegawai KPK tersebut juga menyebut mereka dituduh sebagai pengikut taliban.

"Saya Kristen. Apa dasarnya saya dibilang Taliban?" kata Herbert.

"Maksudnya kalau di KPK beneran ada Taliban emang bisa orang kayak saya hidup di situ? Empat tahun, loh!" cerita Riswin.

Dalam trailer-nya, dokumenter dari Watchdoc Documentary menjanjikan akan menyajikan 15 wawancara ekslusif.

Sementara itu terkait pemecatan pegawai KPK, Presiden Jokowi menyebut TWK hendaknya jadi masukan untuk langkah-langkah perbaikan KPK, bukannya dijadikan dasar untuk memberhentikan 75 pegawai KPK yang dinyatakan tidak lulus tes.

"'
Artikel Asli