5 Fakta Menarik Euis Darliah: Meledak Lewat Lagu Apanya Dong, Hidup dari Nol di Swedia

Seleb | inewsid | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 11:45
5 Fakta Menarik Euis Darliah: Meledak Lewat Lagu Apanya Dong, Hidup dari Nol di Swedia

JAKARTA, iNews.id - Kembali ke memori masa lalu, bagi penikmat musik di era 1980-an, nama Euis Darliah sangat fenomenal. Salah satu lagu yang paling terkenal lady rocker ini adalah ‘Apanya Dong’, single ciptaan Titiek Puspa.

Memulai karier di industri hiburan sejak 1982, perempuan asal Cimahi, Jawa Barat ini telah menelurkan sejumlah karya di bidang musik. Selain ‘Apanya Dong’, salah satu single tak lekang oleh waktu milik Euis Darliah adalah ‘Cinta Membara’.

Tak hanya musik, penyanyi kelahiran 5 April 1957 ini juga terjun ke dunia akting. Dia bermain dengan aktor kawakan Benyamin Sueb.

Namun di saat kariernya yang tengah di puncak, Euis membuat keputusan mencengangkan. Dia memilih pindah ke luar negeri dan menikah dengan pria asal Swedia.

Berikut 4 fakta Euis Darliah, dirangkum iNews.id dari berbagai sumber, Jumat (28/5/2021).

1. Dijuluki Lady Rocker

Memiliki suara melengking dan nge-rock, Euis Darliah kerap dijuluki sebagai Lady Rocker Indonesia. Suaranya yang khas terdengar jelas di berbagai karya musiknya, termasuk lagu ‘Apanya Dong’ yang melekat di hati pendengar musik Indonesia hingga sekarang.

2. Main film bareng Benyamin S

Euis Darliah juga sempat terjun ke dunia akting. Dia menjadi lawan main almarhum Benyamin Sueb, aktor, pelawak, sekaligus musisi legendaris Indonesia. Euis dan Benyamin dipertemukan dalam film ‘Sama Gilanya’, sebuah film komedi Indonesia tahun 1983 yang disutradarai Nawi Ismail.

Di film tersebut, Euis berperan sebagai gadis nyentrik yang ditunangkan orangtuanya dengan anak juragan tanah. Namun, Euis lebih tertarik dengan tukang ojek bernama Beno yang diperankan Benyamin S.

3. Tinggalkan Karier

Saat berada di puncak karier, Euis memutuskan meninggalkan keluarga dan penggemarnya di Indonesia. Dia pindah ke Swedia. Keputusan itu dibuat saat dirinya menikah dengan pria asing pilihannya.

4. Hidup dari Nol di Swedia

Tinggal di Swedia, Euis memulai hidup dari nol. Dalam sebuah wawancara di kanal YouTube, Euis mengaku pernah bekerja di restoran untuk mengasah kemampuan bahasa Swedia.

“Saya sekolah lagi (untuk belajar bahasa Swedia), sekolah selama enam bulan satu tahun. Sekolah dan bekerja di restoran untuk mengasah. Pertama enggak berhasil, tapi enggak apa-apa yang penting berani dulu,” kata Euis.

5. Masih bugar di usia 64 tahun

Usia sang Lady Rocker telah memasuki kepala enam. Namun, perempuan 64 tahun ini masih tampak bugar dan stylish. Itu terlihat dari penampilannya yang masih nge-rock dengan rambut panjang hitam serta tato di lengan.

Artikel Asli