Loading...
Loading…
Soal Dugaan KDRT Lesti Kejora, Komnas Perempuan: Kami Dukung untuk Klaim Keadilannya

Soal Dugaan KDRT Lesti Kejora, Komnas Perempuan: Kami Dukung untuk Klaim Keadilannya

Populer | jitunews.com | Sabtu, 01 Oktober 2022 - 07:45

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kasus dugaan Kekeraan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang dilakukan Rizky Billar terhadap istrinya, Lesti Kejora telah menyita perhatian publik. Pasalnya, selama ini keduanya dikenal sebagai pasangan yang romantis di media sosial.

Dukungan pun mengalir untuk Lesti Kejora usai melaporkan Rizky Billar sebagai pelaku KDRT ke aparat penegak hukum. Salah satu dukungannya yaitu dari Komnas Perempuan.

"Komnas Perempuan prihatin atas kekerasan yang menimpa Lesti Kejora dan mendukung Lesti untuk mengklaim keadilannya," kata Komisioner Komnas Perempuan Siti Aminah Tardi seperti dilansir CNNIndonesia.com, Jumat (30/9/2022).

Siti mengatakan bahwa kekerasan yang dialami Lesti Kejora baik secara fisik maupun psikis merupakan wujud dari bentuk diskriminasi perempuan di dalam perkawinan.

"Menempatkan Lesti Kejora sebagai istri dalam posisi subordinasi di hadapan suami. Di mana hal tersebut bersumber dari diskriminasi terhadap peran perempuan," ujarnya.

Ia pun menapresiasi sikap Lesti Kejora yang langsung melakukan tindakan visum dan melaporkan kasus KDRT ke polisi. Ia menyebut hal itu sudah sesuai dengan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekesaran Dalam Rumah Tangga (KDRT).

"Juga menjamin hak-hak korban atas perlindungan, pelayanan kesehatan, penanganan secara khusus berkaitan dengan kerahasiaan, pendampingan oleh pekerja sosial dan bantuan hukum," pungkasnya.

Original Source

Topik Menarik

{