Viral Seorang Wanita Sukses Diet, Berat Badan Turun hingga 115 Kilogram

Viral Seorang Wanita Sukses Diet, Berat Badan Turun hingga 115 Kilogram

Populer | celebrities.id | Rabu, 19 Januari 2022 - 21:40
share

JAKARTA, celebrites.id - Kisah sukses menjalani diet biasanya menimbulkan satu cerita inspiratif. Seperti perjalanan diet yang dialami wanita asal Malaysia, di mana dia memiliki bobot 200 kilogram dan berhasil menurunkan bobotnya itu.

Perempuan bernama Aysha Alam itu mencuri perhatian netizen dengan membuat video yang menunjukkan transformasi tubuhnya. Aysha mengenakan blus panjang ukuran raksasa, yakni 8XL yang dulu dia pakai, namun kini menjadi kedodoran.

Sulit untuk berjalan bahkan satu langkah saja, saya bisa sakit punggung. Saya tidak bisa keluar untuk jalan-jalan lamax Baru satu menit berjalan, saya merasa lelah dan harus duduk beristirahat sebelum melanjutkan berjalan," ucapnya, dikutip oleh MNC Portal Indonesia dari mStar, Rabu (19/1/2022).

Dia mengalami kesulitan saat hendak buang air besar atau kecil di toilet. Apabila berada di tempat umum, Aysha mengaku harus menahan hingga pulang karena saat berada di rumah.

Aysha harus dibantu oleh keluarganya hanya untuk masuk ke kamar mandi."Paling susah kalau di luar, apalagi toilet umum yang masih menggunakan WC jongkok. Saya tidak bisa menggunakannya. Jadi saya harus menahan diri dari buang air kecil atau besar sampai pulang," kata wanita asal Kajang, Selangor ini.

Kondisi tubuhnya yang demikian pun membuat Aysha tak luput menjadi korban body shaming. Banyak orang menggunjing wanita yang sempat harus mengenakan pakaian berukuran 8XL itu saat dirinya saat berada di tempat umum.

"Kalau saya ke mana-mana, orang-orang akan melihat saya. Mereka memotret atau merekam video, dari jauh saya tahu mereka sedang bicara tentang saya. Kalau yang laki-laki tidak usah ditanya lagi, mereka bahkan terang-terangan bilang badan saya besar sekali," katanya.

 

Kondisi itu berubah tatkala ayahanda nya meninggal dunia pada Oktober 2020 karena diabetes. Saat itu, pesan Almarhum lah yang mendorong Aysha untuk menjalani diet.

"Sebelum meninggal, ayah saya pernah mengatakan bahwa saya sudah menikah tetapi suami saya masih bisa menerima keadaan saya. Padahal tidak semua suami bisa menerima keadaan seperti saya, ucapnya.

Akhirnya Aysha yang telah menikah sejak 2014 menjalani diet dengan menerapkan pola makan sehat dan menjalani olahraga rutin. "Setelah berat badan mulai turun, saya bisa jalan 100 meter, 500 meter, lalu satu kilometer (km). Alhamdulillah, sekarang saya bisa jogging sejauh 5 km, ujarnya

Aysha sukses menjalani diet dimana ia berhasil menurunkan berat badannya menjadi 115 kg dan ukuran pakaiannya yang berganti menjadi 3XL saja. Namun begitu, Aysha belum berpuas diri. Ia bertekad untuk menurunkan berat badannya hingga mencapai 75 kg.

"Kalau bukan diri kita sendiri yang berubah, siapa lagi yang mau berubah? Kita yang harus menentukan hidup kita. Jangan berhenti berusaha menjadi lebih baik," ucapnya.

Topik Menarik