Loading...
Loading…
Selain Ramah Lingkungan, Ini Keuntungan Memiliki Kendaraan Listrik

Selain Ramah Lingkungan, Ini Keuntungan Memiliki Kendaraan Listrik

Otomotif | inewsid | Minggu, 08 November 2020 - 08:05

JAKARTA, iNews.id - Negara-negara di dunia berlomba mendorong kehadiran mobil listrik bertenaga baterai (BEV) sebagai kendaraan utama. Tidak terkecuali Indonesia.

Sebenarnya apa keuntungan memiliki kendaraan listrik? Managing Director PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Makmur mengungkapkan Perpres Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan, semakin mematangkan terbentuknya ekosistem mobil listrik di Tanah Air.

"Di Indonesia, mobil listrik murni memperoleh sejumlah fasilitas dari pemerintah, yaitu pajak kepemilikan kendaraan lebih rendah pada pembelian awal, bebas uang muka (DP 0 persen), tarif pajak kendaraan tahunan lebih rendah, serta insentif nonfiskal seperti bebas dari pembatasan area lalu lintas ganjil genap," ujarnya, dalam video conference, baru-baru ini.

Makmur menuturkan Lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) saat ini sudah tersebar di Jakarta hingga Surabaya serta Bali dan Makassar. Untuk Jabodetabek di antaranya PLN Distribusi Jakarta Raya Gambir,Senayan City Mall, Aeon Mall BSD City, TangCity Mall, Supermall Karawaci. Sementara di luar Jabodetabek, ada PLN UP3 Bandung, PLN Gedung Sate Bandung, PLN ULP Denpasar, PLN ULP Embong Wungu Surabaya, PLN Rayon Mattoangin Makassar.

Dia menyebutkan selain infrastruktur yang dibangun pemerintah, HMID juga menyediakan stasiun pengisian kendaraan listrik. Fasilitas ini tersebar di semua dealer resmi Hyundai dan mitra-mitra bisnis lainnya di beberapa titik. Antara lain, di area Alam Sutera, Bintaro, Sunter, Radio Dalam, Tendean, Cilandak, Bandung, Cirebon, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Palembang dan Padang.

Selain itu, HMID bekerja sama denganPT Jasa Marga Related Businessakan menyediakan infrastrukturDC Fast Chargingdi Rest Area KM 519A (Sragen) di jalur Tol Jakarta menuju Surabaya dan Rest Area KM 519B (Sragen) di jalur Tol Surabaya menuju Jakarta.

Hyundai pun membekali konsumen dengan portable charger di kendaraan sehingga pemilik bisa melakukan pengisian ulang baterai mobil listrik Ioniq Electric dan Kona Electric di rumah atau di mana saja, tidak perlu antre. Bahkan bisa sambil melakukan aktivitas lain dengan nyaman. Charger yang kami sediakan menggunakan steker yang umum di Indonesia sehingga pengisian daya semudah mengecas baterai smartphone. Pemilik mobil listrik tak perlu antre di SPBU, kata Makmur.

Minim Perawatan

Keunggulan lain mobil elektrik adalah tidak membutuhkan perawatan sebanyak mobil bertenaga bahan bakar atau bensin (kovensional). Mobil ini juga lebih senyap karena tidak ada gemuruh suara mesin.

General Manager Service PT Hyundai Motors Indonesia, Putra Samiaji mengatakan kendaraan listrik masih butuh perawatan berkala, namun tidak sesering mobil bensin. "Untuk mobil listrik tentu masih butuh servis berkala. Namun karena komponen yang berputar sedikit, jadi perputaran berkalanya efisien dan murah," katanya.

Dia menuturkan, perawatan atau servis untuk mobil listrik biasanya dilakukan dengan interval 15.000 km atau sudah digunakan selama satu tahun (mobil bensin 10.000 km atau 6 bulan).

"Interval perawatan biasanya setelah mencapai 15 ribu km atau sudah dipakai setahun, dan cuma sekali (servis). Yang rutin diganti hanya AC filter, terkait sirkulasi udara kabin. Kemudian, fluida seperti baterai cooler (pendingin baterai) diganti tiap (sudah mencapai) 60 ribu km, serta jangan lupa untuk mengecek rem dan olinya. Di luar itu tidak ada," ujar Putra.

Dia menambahkan, kendaraan ini tidak menggunakanengine running, tapi punya motor penggerak roda yang butuh pelumas. "Tidak butuh banyak, hanya sekitar 1 liter, dan tidak perlu pergantian berkala karena bertahan untuk penggunaan cukup lama. Jadi tak banyak pelumasan yang perlu diganti secara berkala seperti mobil konvensional. Sangat irit," katanya.

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{