Spesifikasi Mobil Listrik Chery Omoda E5 yang Ditabrakkan Bocah SD di Mall

Spesifikasi Mobil Listrik Chery Omoda E5 yang Ditabrakkan Bocah SD di Mall

Otomotif | sindonews | Selasa, 23 April 2024 - 13:30
share

Peristiwa memilukan terjadi pada sebuah pusat perbelanjaan, di mana bocah SD menabrakkan mobil listrik Chery Omoda E5 yang sedang dipamerkan. Mobil tersebut menghantam dinding pembatas antara tenan dalam mal tersebut.

Kejadian tersebut terjadi di sebuah mall kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Minggu (21/4/2024). Kabarnya, kasus tersebut sudah diselesaikan secara kekeluargaan oleh kedua pihak.

Sebagai informasi, Chery Omoda E5 merupakan model terbaru dari produsen asal China itu di Indonesia. Mobil listrik tersebut diluncurkan secara resmi pada Desember 2023, dan resmi dijual kepada publik pada awal 2024 dengan harga Rp498 juta.

Berstatus sebagai mobil listrik, kendaraan ini tidak bersuara ketika menyala. Bahkan, tidak perlu menekan tombol start/stop untuk menghidupkan mesin penggerak. Pengemudi hanya perlu menekan pedal rem dan memindahkan tuas transmisi ke “D” untuk menjalankannya.

Beruntung, mobil listrik tersebut tidak melaju dengan kencang saat dikendarai oleh bocah SD tersebut sehingga kerusakannya sangat minim. Ini juga bisa terjadi karena sejumlah sensor yang terdapat pada Omoda E5 sebagai tambahan perangkat keamanan.

Secara spesifikasi, Chery Omoda E5 punya dimensi ukuran panjang 4.424 mm, lebar 1.830 mm, tinggi 1.588 mm, dan jarak sumbu roda 2.630 mm. Bagian luar mobil ini menggunakan velg ukuran 18 inci dengan warna dual tone dan desain yang sporty.

Bagian dalamnya terdapat layar sentuh dual 24,6 inch dengan fitur konektivitas Bluetooth dan USB, sistem audio Sony, Apple Carplay + Android Auto, intelligent voice interactive operation, dan juga 540°HD panoramic image.

Soal performa, Omoda E5 menggunakan Permanent Magnet Synchronous dan baterai berkapasitas 61,06 kWh yang bisa menempuh jarak sejauh 430 km (WLTP test). Kendaraan tersebut memiliki fitur pengisian Max DC charging power 150 kW dengan fast charging selama 28 menit untuk mengisi daya dari 30-80 persen.

Motor listrik yang tertanam di Omoda E5 diklaim mampu menghasilkan tenaga 204 hp dan torsi puncak 340 Nm. Sementara untuk berakselerasi dari nol ke 100 km/jam hanya memerlukan waktu 7,2 detik.

Baca Juga: Menebak Penyebab Mobil Menabrak Tembok Mal di Kelapa GadingBerbagai fitur keamanan pasif dan aktif disematkan di Chery Omoda E5, mulai dari rem cakram di semua roda dengan sistem ABS (Anti-lock Braking System), 4-door window anti-pinch system, safety belt with pretensioner and load limiter, dan child safety door locks.

Kendaraan ramah lingkungan ini juga dibekali bodi kuat high strength anticorrosive body, anti-theft alarm, 6 ring-type airbags, serta tire pressure monitoring system untukmemantauban.

Topik Menarik