Pembiayaan Kendaraan Berkembang, Adira Pertahankan Jajaran Direksi

Pembiayaan Kendaraan Berkembang, Adira Pertahankan Jajaran Direksi

Otomotif | inews | Kamis, 28 Maret 2024 - 10:47
share

JAKARTA, iNews.id - PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) mempertahankan jajaran direksi dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST). Langkah ini seiring kinerja perusahaan dalam perkembangan pembiayaan kendaraan roda dua dan roda empat di Indonesia.

Dalam laporan sebelumnya, Adira Finance menutup 2023 dengan pertumbuhan pembiayaan sebesar 31 persen year on year (y/y) atau mencapai Rp41,6 triliun. Atas raihan ini, Adira meningkatkan target pembiayaan baru pada 2024 sebesar 15 persen.

"Tahun ini banyak tantangan. Untuk penjualan kendaraan di awal tahun memang sedikit lesu karena berbagai faktor mulai dari situasi politik dengan adanya pemilu, daya beli masyarakat terkait kenaikan beberapa harga kebutuhan pokok dan energi. Kami berharap setelah pemilu selesai dan usai Lebaran pembiayaan kendaraan kembali tumbuh," ujar Direktur Utama Adira Finance, I Dewa Made Susila di kawasan Sudirman, Jakarta, Rabu (26/3/2024).

Adira mengungkapkan pada IIMS 2024 transaksi kendaraan tumbuh didukung berbagai program yang diharapkan penjualan akan terealisasi sehingga mendorong kinerja perusahaan ke depan. "Biasanya di akhir-akhir tahun akan ada akselerasi. Kami optimis industri otomotif akan tumbuh," kata I Dewa Made.

Adapun RUPST Adira Finance memutuskan membayarkan dividen tunai sekitar 50 persen dari laba bersih perusahaan untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2023, sebesar Rp972 miliar (Rp972 per lembar saham)

Selain itu, RUPST menyetujui pengangkatan kembali seluruh anggota dewan komisaris, seluruh anggota direksi kecuali Jin Yoshida. Dia mendapatkan penugasan baru sebagai direktur PT Bank Danamon Indonesia Tbk.

RUPST juga menyetujui pengangkatan kembali seluruh anggota dewan pengawasan syariah. Kemudian menyetujui pengangkatan Sigit Hendra Gunawan, Sylvanus Gani Kukuh Mendrofa, dan Takanori Mizuno, masing-masing selaku direktur perusahaan, yang menjabat setelah lulus uji kemampuan dan kepatutan dari OJK.

Berikut susunan keanggotaan dewan komisaris dan direksi Adira Finance

Komisaris/Board of Commissioners
- Komisaris Utama/President Commissioner : Daisuke Ejima
- Komisaris Independen/Independent Commissioner : Krisna Wijaya
- Komisaris Independen/Independent Commissioner : Manggi Taruna Habir
- Komisaris/Commissioner : Eng Heng Nee Philip
- Komisaris/Commissioner : Congsin Congcar
- Komisaris/Commissioner : Hafid Hadeli

Direksi/Board of Directors
- Direktur Utama/President Director : I Dewa Made Susila
- Direktur/Director : Swandajani Gunadi
- Direktur/Director : Niko Kurniawan Bonggowarsito
- Direktur/Director : Harry Latif
- Direktur/Director : Denny Riza Farib
- Direktur/Director : Sigit Hendra Gunawan (*)
- Direktur/Director : Sylvanus Gani Kukuh Mendrofa (*)
- Direktur/Director : Takanori Mizuno (*)

* Efektif sejak tanggal lulus uji kemampuan dan kepatutan dari OJK

Topik Menarik