5 Penyebab Tegangan Aki Menurun, Salah Satunya Kelebihan Aksesori

5 Penyebab Tegangan Aki Menurun, Salah Satunya Kelebihan Aksesori

Otomotif | BuddyKu | Jum'at, 9 Juni 2023 - 20:46
share

JAKARTA - Aki mobil adalah salah satu komponen penting dalam sistem listrik kendaraan. Fungsi aki adalah menjadi sumber daya utama atau penyedia arus listrik untuk berbagai sistem elektronik pada mobil.

Komponen ini juga memberikan daya untuk menghidupkan mesin kendaraan. Penting untuk Anda memastikan tegangan aki tetap dalam keadaan optimal demi menghindari tegangan aki yang melemah.

Saat aki sudah melemah maka akan memengaruhi banyak sistem elektrik pada mobil. Anda perlu memahami apa yang menyebabkan menurunnya tegangan aki.

Dikutip dari Auto2000, berikut beberapa penyebab menurunnya tegangan aki:

1. Usia

Meski memiliki usia pakai yang relatif panjang, Anda juga perlu memperhatikan usia pakai dari aki. Umumnya, aki mobil bertahan sekitar 5 tahunan.

Usia aki yang sudah lama maka akan memengaruhi performa aki tersebut dan menurunnya tegangan aki.

2. Mobil jarang dipakai

Tak jarang ketika mobil sudah lama tidak dijalankan melemahkan aki dan membuat aki sulit untuk hidup. Hal tersebut bisa menjadi indikasi dari lemahnya tegangan aki. Sebab aki pada mobil yang lama tidak dinyalakan tidak mendapat suplai listrik yang cukup.

3. Aksesori modifikasi berlebih

Aksesoris modifikasi yang berlebihan pada mobil dapat memengaruhi turunnya tegangan aki. Ketika Anda menambahkan banyak aksesoris tambahan seperti lampu tambahan, soundsystem yang kuat, atau perangkat elektronik lainnya, beban listrik pada aki akan meningkat.

4. Lampu yang tidak dimatikan

Mungkin Anda pernah lupa mematikan lampu saat meninggalkan kendaraan diparkiran. Hal tersbut dapat menarik banyak tegangan listrik yang akhirnya membuat tegangan aki menjadi menurun. Pastikan tidak ada lampu yang menyala saat setelah Anda selesai menggunakan mobil.