Deretan Petinju Indonesia pernah jadi Juara Dunia

Deretan Petinju Indonesia pernah jadi Juara Dunia

Otomotif | BuddyKu | Selasa, 6 Juni 2023 - 23:23
share

JAKARTA - Indonesia memiliki segudang atlet olahraga yang seringkali menoreh prestasi di kancah internasional, tak terkecuali olahraga tinju. Tak sedikit petinju Indonesia yang pernah mencicipi prestasi juara dunia berbagai kelas tarung.

Dalam olahraga tinju profesional ada beberapa organisasi tinju inti yang memiliki kewenangan memberikan gelar juara dunia, organisasi tersebut yaitu World Boxing Organization (WBO), World Boxing Council (WBC), International Boxing Federation (IBF), dan World Boxing Association (WBA).

Siapa saja petinju Indonesia yang pernah jadi juara dunia? Berikut kami rangkum deretan petinju Indonesia tersebut.
Petinju Indonesia pernah jadi Juara Dunia

Ellyas Pical

Petinju kelahiran 24 Maret 1960 tersebut merupakan petinju Indonesia pertama yang mampu meraih gelar Juara Dunia IBF kelas bantam junior lewat kemenangan dari petinju Korea Chun Ju-Do pada 3 Mei 1985 di Jakarta. Hingga pada 4 Oktober 1989 dirinya gagal mempertahankan gelar tersebut setelah harus rela dikalahkan petinju Kolombia Juan Polo Perez lewat kekalahan angka di Virginia, Amerika Serikat.

Nico Thomas

Petinju asal Ambon ini berhasil meraih gelar juara dunia tinju kelas terbang mini versi IBF pada usia 23 tahun. Hasil tersebut berkat kemenangan dari petinju Thailand Samuth Sithnaurepol, lewat kemenangan angka pada pertandingan yang berlangsung di Jakarta. Ini merupakan pertandingan ulang, karena pada pertandingan pertama yang berlangsung di Thailand berakhir seri.

Hasil tersebut tak lepas dari keputusan kontroversi hakim. Tapi gelar tersebut tak bertahan lama, karena Nico Thomas harus kalah dari petinju Filipina Eric Chaves pada 21 September 1989.

Suwito Lagola

Petinju asal Sumatera Utara ini merupakan salah satu petinju Indonesia yang pernah merasakan juara dunia, yaitu kelas welter WBF pada rentang waktu 1995-1997. Namun di tahun 2000an dirinya memutuskan untuk mundur dari dunia tinju karena merasa kecewa dengan janji-janji yang diberikan sebelum dirinya juara dunia. Dirinya kemudian menghilang begitu saja dan pemberitaan mengenai dirinya pun sangat sedikit.

Ajib Albarado

Ajib Albarado memiliki nama asli Ahmad Tajid. Petinju yang berasal dari Surabaya tersebut berhasil meraih juara dunia kelas welter junior WBF pada rentang waktu 1996-2000. Saat itu dirinya berhasil juara setelah berhasil mengalahkan petinju Filipina, Dindo Canoy.

Kemudian pada tahun 2001, Ajib Albarado memutuskan untuk tinggal bersama istrinya dan melanjutkan karir tinju di Jepang dengan merubah nama menjadi Albarado Nishimaru.

M.Rachman

Petinju kelahiran 23 Desember 1971 berhasil meraih gelar juara dunia IBF kelas terbang mini, setelah berhasil mengalahkan petinju Kolombia, Daniel Reyes pada 14 September 2004. Selain itu dirinya juga mampu meraih gelar Juara Dunia kelas terbang mini WBA setelah mengalahkan Kwantai Sithmorseng di Thailand.

Tetapi kedua gelar tersebut terlepas dari genggamannya setelah kalah oleh Floranto Condes di kelas terbang mini IBF dan kekalahan dari Pornsawan Porpramook di kelas terbang mini WBA.

Chris John

Petinju yang memiliki julukan The Dragon tersebut memiliki rekor yang cukup mengesankan. Chris John menciptakan rekor sebagai juara dunia kelas bulu pertama dari Indonesia dan petinju kedua terlama yang sering mempertahankan gelar juara dunia kelas bulu sepanjang masa.

Dirinya berhasil meraih gelar juara kelas bulu WBA setelah menundukkan Oscar Leon dari Kolombia pada 26 September 2003 di Bali. Lama mempertahankan gelar, tepatnya pada 6 Desember 2013 gelar tersebut harus lepas setelah kalah dari petinju asal Afrika Selatan, Simpiwe Vetyeka.

Daud Yordan

Petinju asal Kalimantan Barat ini berhasil menjadi juara dunia dua kali versi IBO, yaitu pada kelas Featherweight dan lightweight pada tahun yang berbeda. Gelar pertamanya berhasil ia raih pada 30 November 2011 setelah mengalahkan petinju Amerika Serikat, Frankie Archuleta dalam 4 ronde pada kejuaraan tinju IBO Asia Pasifik.

Lalu pada 5 Mei 2012 di kejuaraan dunia kelas bulu IBO berhasil mengalahkan Lorenzo Villanueva. Namun setahun berselang gelar ini terlepas setelah kalah dari Simpiwe Vetyeka.

Itulah deretan petinju Indonesia yang pernah jadi juara dunia yang telah kami rangkum. Semoga bermanfaat untuk para pembaca setia sportstar.id (Arisqi Bopa Arhat)

Topik Menarik