Lebih Murah dari Tesla, Blue Bird (BIRD) Pilih Impor Taksi Listrik Buatan China

Lebih Murah dari Tesla, Blue Bird (BIRD) Pilih Impor Taksi Listrik Buatan China

Otomotif | BuddyKu | Selasa, 30 Mei 2023 - 19:51
share

IDXChannel - Operator taksi terbesar di Indonesia, Blue Bird beralih memesan 80% taksi listrik buatan Build Your Dreams (BYD). Pasalnya, harga taksi listrik buatan raksasa mobil listrik China itu jauh lebih murah dibandingkan Tesla.

Presiden Direktur PT Blue Bird Tbk (BIRD) Sigit Priawan Djokosoetono mengatakan, taksi listrik yang dipasok dari BYD merupakan model E6 dan T3. Tipe kendaraan listrik tersebut dinilai lebih cocok untuk pasar Indonesia.

Kalau harganya terlalu mahal, tidak masuk akal bagi kami untuk kemudian membebankannya kepada pelanggan, jadi kami perlu mempertimbangkan hal ini, ujarnya dilansir dari Bloomberg, Selasa (30/5/2023).

Kami banyak menggunakan model BYD impor karena harganya mendukung kami untuk beroperasi di Indonesia," tambah dia.

Adapun BYD selaku produsen EV terbesar kedua di dunia ini menandatangani kesepakatan untuk menjajaki potensi investasi di Indonesia. Termasuk mempertimbangkan membangun pabrik EV di Filipina atau Vietnam.

Sementara itu, Tesla harus memangkas harga untuk memicu permintaan di Asia. Bahkan setelah penurunan harga sebelumnya berdampak pada profitabilitas.

Blue Bird masih meninjau pesanannya untuk Tesla berdasarkan laba atas investasi. Di sisi lain, Blue Bird akan membeli 50 unit Hyundai EV tahun ini, sambil mempertimbangkan model BMW EV untuk memenuhi permintaan sewa.

Mesin pembakaran masih akan mengisi sebagian besar armada Blue Bird, dengan rencana mencapai sekitar 23.000 mobil secara keseluruhan pada akhir tahun. Blue Bird juga akan melipatgandakan armada mobilnya yang menggunakan bahan bakar gas terkompresi menjadi sebanyak 6.000 tahun depan.

(DES)

Topik Menarik