Penjualan Mobil Listrik Diramalkan Tumbuh Pesan pada Awal Tahun, Kok Bisa?

Penjualan Mobil Listrik Diramalkan Tumbuh Pesan pada Awal Tahun, Kok Bisa?

Otomotif | BuddyKu | Senin, 29 Mei 2023 - 21:16
share

JAKARTA Seiring dengan pelarangan mobil konvensional berbahan bakar minyak di beberapa negara mendorong penjualan mobil listrik ikut meningkat, termasuk Tesla .

Melansir dari Carscoops, pada kuartal pertama (Januari-Maret) tahun 2023, mobil listrik berhasil mendominasi penjualan.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Jato Dynamics, Tesla Model Y mencatatkan penjualan 267.200 unit atau meningkat sebesar 69 persen pada periode yang sama tahun lalu.

Peningkatan penjualan berasal dari pemotongan harga yang dilakukan pihak produsen guna mengantisipasi serangan produk murahasal China yang sering banting harga untuk mematikan pasaran.

Sekadar informasi, data tersebut diambil dari 53 pasar di seluruh dunia. Data itu juga menyebut Tesla Model Y merupakan mobil listrik terlaris pada kuartal pertama tahun ini.

Pada tahun lalu, Tesla juga mencatatkan penjualan yang cukup baik. Tapi, Model Y hanya berhasil menempati posisi ketiga dalam penjualan mobil. Mereka kalah dari Toyota RAV4 dan Toyota Corolla.

Tercatat, Tesla Model Y berhasil terjual sebanyak 747.500 unit pada 152 pasar di seluruh dunia. Angka tersebut mengalami peningkatan sebesar 91 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Tesla Model Y di pasar otomotif China juga laris manis dan mengalahkan negara asalnya, Amerika Serikut yang hanya meningkat 68 persen. Sementara di pasar Eropa, Tesla diklaim sebagai produk terlaris.

Kendati mobil listrik jadi yang terkuat pada kuartal pertama tahun ini, Toyota dengan mobil bermesin pembakaran internal mereka juga menunjukkan kekuatannya. Pasalnya, empat dari lima mobil terlaris dipegang oleh pabrikan asal Jepang itu.

Di bawah Tesla Model Y ada Toyota Corolla dengan penjualan 256.400 unit, Toyota Hilux dengan 214.700 unit, Toyota RAV4 atau Wildlander dengan 211.000 unit, dan Toyota Camry mencatatkan 166.200 unit.

Topik Menarik