Siap-siap, Kendaraan Belum Uji Emisi Bayar Pajaknya Akan Lebih Mahal

Siap-siap, Kendaraan Belum Uji Emisi Bayar Pajaknya Akan Lebih Mahal

Otomotif | BuddyKu | Senin, 29 Mei 2023 - 13:02
share

KabarOto.com - Siap-siap bagi Anda pemilik motor dan mobil. Karena dalam waktu dekat, Pemerintah akan mewajibkan semua kendaraan uji emisi. Jika tidak lulus atau belum melakukannya, dikenakan sanksi, di antaranya bayar pajak tahunannya akan lebih mahal.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengatakan, pemilik kendaraan harus melakukan uji emisi, terkhusus bagi kendaraan berusia di atas tiga tahun.

"Kendaraan bermotor di Jakarta yang berusia di atas 3 tahun diwajibkan setiap tahun melakukan uji emisi," jelas Asep. Jika kendaraan belum melakukan uji emisi, dikenakan denda Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Aturan itu disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah No. 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaran Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Mekanik menguji emisi mobil masyarakat di Tangerang Selatan

Bagi kendaraan yang belum melakukan uji emisi, denda koefisien dikenakan setiap membayar PKB. Besaran koefisien denda pajak jenis kendaraan akan didorong perumusannya oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Kementerian Dalam Negeri, berlaku nasional.

Kendaraan yang tidak melakukan uji emisi, ke depannya akan dilakukan sosialisasi penaatan hukum ketika melintas di jalan raya. Pada 6 sampai 19 Juni 2023, Polda Metro Jaya akan melakukan Operasi Patuh 2023. Obyek yang dikedepankan adalah uji emisi.

"Pihak Kepolisian akan melakukan imbauan dan sosialisasi urgensi melakukan uji emisi saat Operasi Patuh 2023," ucap Asep.
Nah, ada kabar gembira buat Anda pemilik kendaraan dan bingung menentukan tempat uji emisi.

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta bakal menyelenggarakan Uji Emisi Akbar (UEA) 2023 gratis di Parkir Utara Taman Margasatwa Ragunan, serta daerah lain sebagai penyangga Ibukota. Dilaksanakan mulai Senin (05/06/2023). Ini merupakan kegiatan dalam rangka merayakan HUT Kota Jakarta ke-496 serta Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Topik Menarik