Beli Motor Listrik Belum Bisa Dapat Subsidi Rp7 Juta, Kenapa?

Beli Motor Listrik Belum Bisa Dapat Subsidi Rp7 Juta, Kenapa?

Otomotif | BuddyKu | Minggu, 7 Mei 2023 - 15:02
share

IDXChannel - Pemberian insentif berupa subsidi pembelian Rp7 juta untuk motor listrik baru hingga saat ini belum bisa dimanfaatkan. Sebab, pemerintah masih terkendala pendataan masyarakat yang berhak menerima.

Seperti diketahui, ada beberapa persyaratan untuk menerima subsidi pembelian motor listrik sebesar Rp7 juta. Calon penerima subsidi harus terdaftar sebagai pemerima KUR (Kredit Usaha Rakyat, Penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BUPM), Penerima Bantuan Subsidi Upah, dan Penerima Subsidi Listrik Rumah 450-900 VA.

Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) Moeldoko mengatakan, meski sudah diumumkan besaran subsidinya tapi mekanismenya belum sepenuhnya selesai.

Kita sekarang masih belum final betul bagaimana mekanismenya. Tunggu sebentar lagi, karena ada istilah wait and see. Tapi secepatnya akan direalisasikan, jadi ini nanti tidak mengganggu flow dari penjualan, kata Moeldoko di sela-sela konferensi pers PEVS 2023, di Kemayoran, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Sekadar informasi, tahun ini pemerintah memberikan subsidi pembelian motor listrik sebesar Rp7 juta untuk 200 ribu unit, serta 50 ribu unit untuk motor konversi. Sedangkan untuk tahun depan, pemerintah menyiapkan kuota sebanyak 600 ribu untuk motor listrik dan 150 ribu untuk motor konversi.

Selain itu, pemerintah juga telah memastikan bantuan untuk mobil listrik berupa pemotongan pajak PPN dari 11 persen menjadi 1 persen. Ini membuat harga mobil listrik alami penurunan dari harga awal.

Sepertinya (program bantuan pemerintah) belum berjalan lancar. Tapi saya belum mengecek seperti apa di lapangan. Tapi yang jelas mekanisme insentif ini masih ditata dengan baik, ujar Moeldoko.

Moeldoko yang juga menjabat sebagai Kepala Staf Khusus Kepresidenan berharap program subsidi segera bisa dijalankan agar meningkatkan minat beli konsumen. Mengingat pameran kendaraan listrik terbesar di Indonesia, PEVS 2023 akan digelar dalam waktu dekat.

Ya, kita dari Periklindo berharap pemberian insentif langsung kepada pembeli, sehingga nanti penjual langsung menerima. Tapi kalau ini melalui metode lain mungkin nanti akan menyulitkan bagi para penjual. Ini persoalan yang saya monitor di lapangan, ucapnya.

(YNA)

Topik Menarik