Usai Mudik Setir Mobil Terasa Goyang, 5 Hal Bisa Jadi Penyebab

Usai Mudik Setir Mobil Terasa Goyang, 5 Hal Bisa Jadi Penyebab

Otomotif | BuddyKu | Senin, 1 Mei 2023 - 08:45
share

JAKARTA, iNewsSerpong.id Pulang mudik Lebaran dengan menggunakan mobil pribadi bisa saja mobil mengalami masalah. Misalnya, soal rem, AC mobil, radiator hingga setir yang goyang.

Wajar saja, saat melakukan perjalanan jauh, mobil melewati berbagai medan jalan yang beragam seperti jalan berlubang, bergelombang, tidak rata dan berlumpur.

Berkendara Kurang Nyaman

Setir mobil yang goyang akan membuat pengalaman berkendara kurang nyaman dan memicu timbulnya kecelakaan. Untuk itu, pemilik kendaraan disarankan untuk mencari tahu penyebabnya agar segera diperbaiki.

Untuk lebih memahami permasalahan ini, simak 5 hal paling umum yang bisa menjadi penyebab sistem kemudi tak nyaman saat dikendalikan seperti dibagikan Auto2000.

1. Ban Mobil Benjol

Selain pelek penyok, setir mobil yang goyang juga bisa disebabkan ban yang menggelembung atau benjol. Ini terjadi karena usia pemakaian ban, di mana kondisinya sudah tidak layak.


Ban Mobil Benjol. (Foto : Ist)

Karena itu, pemilik mobil disarankan untuk segera mengganti ban yang sudah benjol dengan ban baru agar memiliki kinerja yang optimal.

2. Pelek Penyok

Medan jalan yang bergelombang dan berlubang bisa membuat velg mobil berisiko penyok apabila tekanan udara di dalam ban kurang. Kondisi ini disebabkan pelek berbenturan dengan medan jalan yang tidak rata secara keras.


Pelek Penyok. (Foto : Ist)

Bila tidak waspada dan tak rutin melakukan pengecekan velg, maka bagian yang penyok bisa rusak. Akibatnya, kendaraan menjadi kurang seimbang dan setir mobil mudah goyang.

3. Kampas Rem Mobil Habis Sebelah

Umumnya, mobil dibekali dengan dua kampas pada masing-masing rem. Tugasnya untuk mencengkeram piringan atau tromol agar kecepatannya melambat. Bila salah satu kampas rem habis, maka bisa jadi penyebab setir mobil goyang.


Kampas Rem Mobil Habis Sebelah. (Foto : Ist)

4. Link Stabilizer Rusak

Untuk mengetahui komponen ini rusak atau tidak caranya cukup mudah, yaitu memperhatikan suara diarea kaki-kaki ketika melewati jalan bergelombang.

Apabila terdengar suara gluduk-gluduk, maka terjadi kerusakan pada link stabilizer. Komponen ini berfungsi sebagai penahan goncangan ketika mobil melewati jalan yang tidak rata.


Link Stabilizer rusak. (Foto : Ist)

Link stabilizer yang rusak bukan hanya mengeluarkan suara, tapi juga menjadi penyebab setir mobil goyang. Bila penahannya rusak, maka mobil akan mudah tergunjang dan setir akan sulit dikendalikan.

5. Butuh Spooring dan Balancing

Penyebab setir goyang lainnya adalah mobil membutuhkan perawatan spooring dan balancing. Ini dilakukan agar posisi ban depan dan belakang satu garis lurus atau center yang membuat lajunya menjadi stabil.

Disarankan untuk melakukan spooring dan balancing pada mobil secara rutin minimal 2-3 bulan sekali. Perawatan ini akan membuat berkendara lebih nyaman, menghindari keausan ban yang tidak merata, mobil lebih stabil, menyeimbangkan roda, dan meningkatkan efisiensi bahan bakar. (*)


Spooring dan Balancing. (Foto : Ist)


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul Setelah Dipakai Mudik Lebaran Setir Mobil Terasa Goyang, 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya , Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/mobil/setelah-dipakai-mudik-lebaran-setir-mobil-terasa-goyang-5-hal-ini-bisa-jadi-penyebabnya/all .

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Topik Menarik