Senat Kanada Meloloskan RUU untuk Mendukung Konten Lokal pada Perusahaan Streaming

Senat Kanada Meloloskan RUU untuk Mendukung Konten Lokal pada Perusahaan Streaming

Otomotif | BuddyKu | Jum'at, 28 April 2023 - 07:18
share

Berita Baru, Internasional Senat Kanada pada hari Kamis meloloskan undang-undang streaming online setelah perdebatan selama 10 bulan tentang undang-undang yang akan memaksa perusahaan seperti Netflix dan YouTube milik Alphabet Inc untuk menawarkan lebih banyak konten Kanada.

Bill C-11atau Undang-Undang Streaming Online, menyapu majelis tinggi parlemen Kanada yang tidak dipilih dengan 52 suara berbanding 16 dan satu abstain.

Dengan persetujuan Senat, RUU tersebut hanya membutuhkan persetujuan kerajaan dari gubernur jenderal untuk menjadi undang-undang.

Undang-undang tersebut bertujuan untuk membawa perusahaan seperti Spotify, Disney+ dan platform streaming online lainnya di bawah pengawasan regulator penyiaran CRTC, dan membendung mereka untuk memenuhi persyaratan konten Kanada yang berlaku untuk saluran TV dan Radio.

Menurut Reuters , RUU itu sebelumnya diusulkan oleh pemerintah Liberal Perdana Menteri Justin Trudeau tahun lalu dan disahkan di majelis rendah parlemen pada bulan Juni, dengan dukungan dari oposisi Demokrat Baru dan Blok Quebec.

Pemerintah mengatakan undang-undang tersebut akan memastikan bahwa layanan streaming online mempromosikan musik dan cerita Kanada, serta mendukung pekerjaan Kanada.

Para penentang, termasuk partai Konservatif oposisi utama Kanada, mengkritik RUU tersebut sebagai tindakan berlebihan yang akan berdampak pada kebebasan berekspresi dan memilih di internet.

YouTube mengatakan tidak menentang RUU tersebut secara keseluruhan, tetapi telah menyuarakan keprihatinan atas dampaknya terhadap konten buatan pengguna.

Platform video itu mengatakan undang-undang akan memaksanya untuk merekomendasikan konten Kanada di beranda, daripada video yang disesuaikan dengan minat khusus pengguna.

Menteri Warisan Pablo Rodriguez, yang memperkenalkan RUU tersebut pada Februari 2022, mengatakan bahwa perubahan tersebut dimaksudkan untuk program komersial yang dialirkan secara online dan tidak akan berlaku untuk pembuat konten individual.

Setelah menjadi undang-undang, CRTC juga akan mengembangkan dan menerapkan peraturan untuk layanan penyiaran tradisional dan online.

Topik Menarik