Subsidi Mobil Listrik Tidak Berupa Potongan Harga, Ini Kata Wuling

Subsidi Mobil Listrik Tidak Berupa Potongan Harga, Ini Kata Wuling

Otomotif | BuddyKu | Minggu, 2 April 2023 - 01:24
share

IDXChannel - Pemerintah telah menetapkan skema insentif untuk mobil listrik melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Subsidi yang diberikan bukan potongan harga seperti motor listrik, melainkan diskon pajak dari 11 persen menjadi 1 persen.

Sekadar informasi, sebelum pemerintah mengonfirmasi skema bantuan yang akan diberikan untuk mobil listrik, Wuling mendapat bocoran bahwa subsidi yang diberikan berupa potongan harga sebesar Rp35 jutaan.

Namun, Kemenkeu memastikan bantuan pemerintah yang ditujukan untuk mobil listrik berupa potongan pajak. Brand & Marketing Director Wuling Motors Dian Asmahani tegas menerima dan mendukung apa pun aturan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Kita sebenarnya menyerahkan semuanya ke pemerintah. Kita yakin pemerintah membuat regulasi dengan memikirkan kondisi dan target untuk kebaikan konsumen di Indonesia. Jadi, kita ikuti saja, kata Dian saat ditemui di Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (30/3/2023).

Seperti diketahui, saat ini mobil listrik Wuling Air ev dibanderol Rp243 jua untuk tipe Standar Range, dan Rp315 juta untuk tipe Long Range. Mengenai harga terbaru setelah bantuan pemerintah resmi ditetapkan, Dian belum bisa mengungkapkannya.

Kita lihat apa yang diumumkan pemerintah, dari sana kita akan pelajari lebh detail soal regulasi dan pelaksanaannya. Kita sudah hitung-hitung ada beberapa skenario, tapi dari kami masih mau menunggu lebih detail lagi aturannya seperti apa, ujar Dian.

Sekadar informasi, ada banyak konsumen yang menunggu pembelian mobil listrik karena menunggu bantuan dari pemerintah. Pasalnya, potongan yang diberikan seperti yang beredar sebelumnya cukup menarik para konsumen.

Tetapi, Dian menegaskan bahwa potongan pajak dari 11 persen menjadi 1 persen nilainya sudah cukup besar. Menurutnya, ini akan sangat meringankan beban biaya tahunan para konsumen mobil listrik.

Pastinya lumayan. Penurunan PPN dari 11 persen ke 1 persen kan berarti sebenarnya ada value yang menarik konsumen untuk beralih ke mobil listrik. Yang pasti pemerintah akan melakukan yang terbaik untuk menarik minat pembeli, ucapnya.

Pada Januari lalu, penjualan Wuling Air ev hanya 35 unit. Diakui oleh tenaga penjual, konsumen menunda pembelian untuk mendapatkan subsidi. Dengan pengumuman dari pemerintah, Wuling berharap penjualan Air ev bisa meningkat seperti tahun lalu. (WHY)

Topik Menarik