Kapan Libur Cuti Lebaran 2023? Resmi Dimajukan Jadi Tanggal Ini, Hindari Kemacetan

Kapan Libur Cuti Lebaran 2023? Resmi Dimajukan Jadi Tanggal Ini, Hindari Kemacetan

Otomotif | BuddyKu | Selasa, 28 Maret 2023 - 18:28
share

IDXChannel Kapan libur cuti lebaran 2023? Pemerintah resmi telah memajukan tanggal libur dan cuti hari raya Idul Fitri 1444 menjadi mulai dari tanggal 19 April hingga 25 April 2023. Keputusan ini dibuat untuk mencegah kemacetan.

Sebelumnya, cuti bersama dan libur lebaran dimulai pada 2126 April 2023. Namun dimajukan lewat keputusan yang diambil dalam rapat terbatas persiapan arus mudik yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Libur cuti lebaran yang dimajukan ini merupakan usulan dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk menghindari tumpukan kemacetan pada puncak arus mudik pada skenario jadwal libur sebelumnya.

Pemerintah menyebutkan bahwa dari skema jadwal cuti libur lebaran yang lama, terdapat potensi penumpukan kemacetan pada tanggal 21 April 2023. Mengingat animo mudik selalu tinggi, volume kendaraan yang memadati jalan tol pada periode mudik akan sangat banyak.

Dengan memajukan libur cuti lebaran 2023, pemerintah memprediksi bahwa masyarakat akan mulai mudik pada 18 April 2023 sore hari, dan arus mudik diprediksi akan berlangsung selama empat hari hingga 21 April.

Dengan demikian, masyarakat punya waktu lebih banyak untuk mudik ke kampung halamannya masing-masing. Pada prediksi arus mudik tahun ini, Polri memperkirakan akan terjadi kenaikan jumlah pemudik.

Kepolisian memprediksikan pemudik tahun ini dapat mencapai hingga 123,8 juta orang, dengan prediksi peningkatan mencapai 44% dibanding tahun lalu. Pada 2022, jumlah pemudik adalah 85 juta.

Peningkatan jumlah pemudik itu disebabkan oleh pencabutan PPKM yang dulu menghambat gerak dan aktivitas masyarakat.

Demikianlah ulasan singkat tentang kapan libur cuti lebaran 2023. ( NKK )

Topik Menarik