Motor Listrik Polytron Dapat Subsidi Rp7 Juta, tapi Sewa Baterai Rp200 Ribu per Bulan

Motor Listrik Polytron Dapat Subsidi Rp7 Juta, tapi Sewa Baterai Rp200 Ribu per Bulan

Otomotif | BuddyKu | Senin, 27 Maret 2023 - 17:37
share

IDXChannel - Polytron menambah daftar panjang penerima subsidi pembelian motor listrik sebesar Rp7 juta. Tapi, bagi yang ingin membeli motor listrik ini diwajibkan membayar Rp200 ribu untuk sewa baterai.

Polytron berhasil memperbesar nilai TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) untuk PEV 30M1 (Fox-R) yang diluncurkan pada Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022 pada awal November lalu.

Dalam laman Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) yang dikelola Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Polytron PEV 30M1 (Fox-R) yang didaftarkan PT Hartono Istana Teknologi memiliki nilai TKDN sebesar 45,31 persen dengan nomor sertifikat 2816/SJ-IND.8/TKDN/3/2023.

Berdasarkan hal tersebut, Polytron PEV 30M1 (Fox-R) berhak masuk dalam program bantuan pemerintah. Nantinya, konsumen yang akan membeli motor listrik tersebut akan mendapat potongan harga Rp7 juta.

Sekadar informasi, saat ini Polytron Fox-R dibanderol Rp20,5 juta, dan akan menjadi Rp13,5 juta setelah mendapat subsidi. Tetapi, harga tersebut belum termasuk baterai yang harganya bisa mencapai Rp7-8 jutaan.

Namun, Polytron menyediakan skema sewa baterai yang bertujuan untuk menekan harga motor listrik buatan mereka. Konsumen hanya perlu membayar Rp200 ribu setiap bulan untuk biaya sewa baterai dengan garansi seumur hidup.

Commercial Director Polytron, Tekno Wibowo menjelaskan, perusahaan akan menyediakan skema penyewaan baterai. Ini dilakukan untuk membuat konsumen tak ragu lagi untuk beralih ke kendaraan listrik.

Ini berdasarkan pengalaman kami jualan yang Evo, konsumen ingin beli hanya mereka itu ragu-ragu karena setahun lagi kalau baterainya rusak bagaimana, garansi sudah habis, atau misalnya deteriorasi, kata Tekno dalam peluncuran Fox-R di Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Untuk sistem sewa baterai, Tekno menegaskan, konsumen tak perlu khawatir apabila ada kerusakan. Garansi yang diberikan untuk baterai seumur hidup dan dapat ditukar dengan yang baru jika kerusakan murni dari paket baterai tersebut.

Pasti ada garansi, misalnya setahun baterai sudah rusak kita ganti baru atau performanya turun kita juga ganti baru. Setelah kontrak selesai, terserah mau sewa lagi atau tidak, kalau tidak diteruskan ya tidak bisa dipakai motornya kan baterainya ditarik, ujar Tekno.

Polytron Fox-R menggunakan baterai 72V52Ah yang dapat menempuh jarak sekitar 130 km dengan pengisian dari 0-100 persen butuh 4,5-5 jam. Motor penggeraknya bertenaga 3.000 W yang dapat mencapai kecepatan tertinggi 90 km per jam.

(FAY)

Topik Menarik