Jelang Ramadan, 20.000 Santri Ponpes Lirboyo Kediri Mudik Bareng

Jelang Ramadan, 20.000 Santri Ponpes Lirboyo Kediri Mudik Bareng

Otomotif | BuddyKu | Jum'at, 3 Maret 2023 - 19:01
share

KEDIRI, iNews.id - Sebanyak 20.000 santri Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri, Jawa Timur, pulang kampung (mudik), Jumat (3/3/2023). Sebanyak 249 armada bus disiapkan untuk mengangkut para santri ke berbagai daerah di pulau Jawa hingga Sumatera.

Mudik bareng yang dilaksanakan secara bertahap selama dua hari ini dilaksanakan setelah seluruh kegiatan belajar di pondok pesantren diliburkan. Mereka diberi kesempatan untuk menjalanlan ibadah puasa hingga berlebaran di rumah masing-masing.

Pengasuh dan Pengurus Pondok Pesantren Lirboyo, KH Oing Abdul Muid, mengatakan, total sebanyak 15.500 santri yang pulang dalam dua hari ini. Mereka diangkut menuju 90 daerah masing-masing dengan menggunakan 294 armada bus dari halaman aula muktamar.

Selain itu, sekitar 500 santri pulang dengan dijemput oleh keluarganya. Mereka diberi kesempatan libur dua bulan dan baru balik ke pesantren tanggal 16 Mei mendatang, katanya.

Gus Muid menambahkan, untuk jumlah santri di Ponpes Lirboyo saat ini mencapai lebih dari 40.000. Sebagian santri yang tidak mudik bareng ini dikarenakan sedang melaksanakan program tahfiz atau hafalan Al-quran.

Selain itu, sebagian juga memilih untuk mengikuti program pendidikan pondok Ramadan serta santri yang mengikuti sekolah formal.

Topik Menarik