Tank Leopard 2 RI, Mesin Perang Ternyaman Dilengkapi Teknologi Pelindung

Tank Leopard 2 RI, Mesin Perang Ternyaman Dilengkapi Teknologi Pelindung

Otomotif | BuddyKu | Kamis, 2 Februari 2023 - 17:26
share

SAMARINDA, iNews.id - Tank Leopard 2 RI merupakan salah satu alat utama persenjataan (alutsista) TNI Angkatan Darat (AD) yang cukup disegani. Militer Indonesia terbilang luar biasa karena menduduki peringkat ke-14 yang diambil dari seluruh aspek yang telah diperhitungkan.

Salah satu keunggulan militer Indonesia, yaitu jumlah tanknya, termasuk Tank Leopard yang menjadi kebanggaan Indonesia. Dilihat dari kehebatannya tank ini dapat disandingkan dengan tank merkava milik Israel atau Tank Abrams milik Amerika Serikat (AS).

Tank Leopard 2 RI memiliki banyak fitur menarik. Teknologi yang digunakan, yaitu AMP (Advanced Modular Armour protection) merupakan teknologi yang berfungsi sebagai pelindung seluruh bagian sisi pada tank dari segala ancaman.

Dihimpun dari sejumlah sumber, sistem perlindungan yang dipakai oleh tank ini juga telah digunakan hampir seluruh tank kekinian.

Spesifikasi Tank Leopard 2 RI

Sebanyak 13 tank yang diturunkan oleh TNI AD pada acara pelatihan gabungan bernama Darma Yudha pada akhir 2019. Salah satunya Tank Leopard 2 RI yang dipesan TNI AD sejak 2016.

Tank Leopard 2 RI merupakan tank buatan Krauss-Maffei Wegmann dan Maschinenbau Kiel. Tank ini memiliki kualitas yang sangat bagus dan unggul. Pantas disebut sebagai penerus dari Leopard 1 yang telah didesain sejak 1979.

Spesifikasi yang dimiliki tank ini dilengkapi mesin yang ditenagai oleh turbo ganda V12 buatan MTU. Bobot pada Tank Leopard 2 RI mencapai 68 ton dan memiliki kecepatan maksimal 68 km/jam.

Tank Leopard 2 RI mampu menampung empat personel. Sementara senjata utama yang terdapat pada Tank Leopard 2, yaitu sepasang senapan mesin MG3A1 dengan meriam L/44 Rheinmetall 120mm.

Ferdinand Porsche sebagai pendiri mobil-mobil sport mewah yang memberi nama tank-tank canggih tersebut. Salah satunya, Leopard 2 RI milik Indonesia ini yang didesain langsung oleh Porsche sebagai jenis tank tempur paling pertama menggunakan kendali elektrik mesin dengan AC system di dalam bahan bakar mesinnya.

Mesin perang Leopard 2 RI ini disebut-sebut sebagai mesin perang ternyaman. Bahkan tingkat kenyamanannya disetarakan dengan Limousin.

Selain itu, peralatan yang ada di dalamnya bukan hanya canggih namun dibuat senyaman mungkin untuk operatornya.

Itu dia Tank Leopard 2 RI yang menjadi kebanggaan Indonesia.

Topik Menarik