Cegah Jok Motor Kusam atau Sobek, Ini 4 Hal Harus Diperhatikan

Cegah Jok Motor Kusam atau Sobek, Ini 4 Hal Harus Diperhatikan

Otomotif | BuddyKu | Sabtu, 28 Januari 2023 - 07:02
share

JAKARTA, iNews.id Jok sepeda motor merupakan salah satu komponen penting yang memengaruhi penampilan dan kenyamanan kendaraan. Namun, banyak pemilik motor yang lupa memperhatikannya.

Tak hanya untuk perjalanan jarak jauh, kenyamanan berkendara jarak dekat pun tergantung dari kondisi jok yang diduduki.

Dilansir dari keterangan pers Yamaha, berikut tips merawat jok sepeda motor.

1. Perhatikan tempat parkir

Parkir di tempat terbuka membuat motor terkena panas serta hujan dan dapat berdampak buruk jika terjadi secara terus menerus, salah satunya bagian jok motor.

Efek jok motor yang terlalu sering terkena panas dan hujan membuat jok mudah rusak seperti kaku dan sobek.

2. Gunakan cover jok

Selain efek cuaca, terdapat beberapa faktor lain yang dapat merusak jok motor, seperti cakaran hewan kucing, gesekan dari pengendara lain dan sebagainya. Sebab itu ada baiknya untuk memilih parkir yang tertutup tidak langsung terkena matahari. Jika tidak ada area parkir yang tertutup, disarankan untuk menggunakan cover jok agar tidak mudah rusak.

3. Membersihkan jok

Jok motor jangan terlalu sering dicuci dengan sabun karena efek dari sabun pembersih kurang baik jika terlalu sering terkena jok. Dikhawatirkan jok yang sering terkena sabun pembersih akan membuat jok lebih cepat rusak atau robek.

Untuk membersihkan jok, disarankan hanya mengelapnya saja dan bahan yang digunakan yaitu kain lap berbahan micro fiber dan air. Dan jika terdapat noda yang susah dihilangkan, disarankan untuk menggunakan cairan pembersih khusus yang aman terhadap kulit jok.

4. Perhatikan barang bawaan

Jika barang yang dibawa kotor, basah atau memiliki sudut yang tajam pastinya sangat berbahaya bagi jok motor. Selain jok motor kotor, bisa mengakibatkan jok robek. Selain itu, berat dari bawaan perlu dipertimbangkan karena selain berbahaya bagi diri sendiri, muatan yang berlebihan dapat membahayakan pengendara lain.

Topik Menarik