3 Tips Merawat Jok Motor agar Tidak Mudah Sobek, Lokasi Parkir Jadi Sorotan

3 Tips Merawat Jok Motor agar Tidak Mudah Sobek, Lokasi Parkir Jadi Sorotan

Otomotif | BuddyKu | Jum'at, 27 Januari 2023 - 22:57
share

JAKARTA, celebrities.id Menjaga jok motor tetap bersih dan terawat akan membuat berkendara menjadi semakin nyaman, terlebih saat digunakan untuk berkendara jarak jauh.

Seperti diketahui, setiap pabrikan memiliki bentuk jok berbeda-beda pada setiap model motornya.

Jok motor biasanya dilapisi dengan bahan kulit sintetis yang dapat sobek jika perawatannya tidak tepat. Perawatan jok dengan bahan kulit sintetis sebenarnya sangat mudah karena hanya perlu di lap dengan kain saat kotor maupun basah.

Tetapi, jika sering terkena hujan dan dijemur di bawah terik sinar matahari, maka kulit sintetis biasanya akan kaku dan pecah-pecah. Untuk itu, Main Dealer Yamaha PT. Thamrin Brothers memberikan tiga tips untuk merawat jok motor.

Tips Merawat Jok Motor

1. Perhatikan lokasi parkir motor

Parkir di tempat terbuka akan membuat motor terkena panas serta hujan dan dapat berdampak buruk jika terjadi secara terus menerus. Efek jok motor yang terlalu sering terkena panas dan hujan membuat jok mudah rusak seperti kaku dan sobek.

Selain efek dari cuaca, terdapat beberapa faktor lain yang dapat dengan mudah merusak jok motor seperti cakaran kucing, gesekan dari pengendara lain, dan sebagainya. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk dapat memilih parkir yang tertutup yang tidak langsung terkena matahari. Jika tidak ada area parkir yang tertutup, disarankan untuk menggunakan cover agar jok motor Anda tidak mudah rusak.

2. Membersihkan jok

Berbeda dengan body dan mesin motor, jok motor jangan terlalu sering dicuci dengan sabun. Efek dari sabun pembersih kurang baik jika terlalu sering terkena jok, dikhawatirkan jok yang sering terkena sabun akan membuatnya lebih cepat rusak atau robek.

Untuk membersihkan jok, disarankan hanya mengelapnya saja dan bahan yang digunakan yaitu kain lap berbahan micro fiber dan hanya dibilas dengan air. Jika terdapat noda yang susah dihilangkan, disarankan untuk menggunakan cairan pembersih khusus yang aman terhadap kulit jok.

3. Perhatikan barang bawaan

Selain sebagai alat transportasi, fungsi sepeda motor saat ini sebagai alat angkut barang bawaan sehari-hari baik dari skala yang kecil sampai yang besar. Untuk itu, berhati-hati dalam membawa barang terutama yang ditempatkan di atas jok.

Jika barang yang dibawa kotor, basah, atau memiliki sudut yang tajam pastinya sangat berbahaya bagi jok motor. Selain kotor, bisa mengakibatkan jok robek. Selain itu, berat dari bawaan perlu dipertimbangkan karena muatan yang berlebihan dapat membahayakan diri sendiri dan pengendara lain.

Topik Menarik