Honda Ingin Saingi Tesla, Bangun Divisi Khusus Percepat Pengembangan Elektrifikasi

Honda Ingin Saingi Tesla, Bangun Divisi Khusus Percepat Pengembangan Elektrifikasi

Otomotif | BuddyKu | Jum'at, 27 Januari 2023 - 19:27
share

JAKARTA, celebrities.id Honda Motor Corporation akan membuat divisi baru dalam upaya memperkuat dan mempercepat bisnis elektrifikasinya. Honda sengaja melakukan ini sebagai bagian dari perombakan struktur organisasi.

Dikutip Reuters pada Jumat (27/1/2023), perombakan yang dilakukan Honda sebagai upaya untuk mengejar ketertinggalan di pasar elektrifikasi yang tumbuh sangat cepat. Saat ini, industri tersebut dipegang oleh Tesla Inc dan BYD Co China.

Perubahan yang efektif dilakukan pada 1 April 2023, dimana divisi baru tersebut akan mengkonsolidasikan strategi elektrifikasi dan pengembangan mobil, sepeda motor, serta produk listrik lainnya seperti generator.

"Operasi ini akan mengkonsolidasikan strategi bisnis dan fungsi pengembangan produk BEV dari bisnis mobil dan strategi terkait elektrifikasi untuk semakin memperkuat dan mengakselerasi bisnis elektrifikasi Honda, tulis Honda dalam keterangan resmi dikutip dari Insideev.

Seperti diketahui, Honda telah mengungkapkan roadmap elektrifikasi mereka tahun lalu, baik untuk sepeda motor maupun mobil. Namun, jika dibandingkan dengan produsen asal Eropa, Amerika Serikat, dan China, pembuat mobil asal Jepang memang sedikit tertinggal.

Honda juga mengatakan bakal menggabungkan enam operasi regional yang ada saat ini menjadi tiga, terdiri dari Amerika Utara, China dan wilayah terkait termasuk Jepang, serta seluruh Asia dan Eropa.

Dengan perubahan ini, Honda akan menjalankan strategi elektrifikasi dan memperkuat operasi di setiap wilayah berdasarkan strategi globalnya, tulis Honda dalam keterangan resminya.

Seorang juru bicara Honda mengatakan kepada Reuter bahwa mengintegrasikan ketiganya adalah untuk mempercepat implementasi pergeseran sumber daya sesuai dengan strategi masa depan sejalan dengan percepatan elektrifikasi. Honda telah memiliki pemetaan untuk model kendaraan listrik yang akan mereka pasarkan di Amerika Utara dan China yang akan berukuran sedang hingga besar.

Sedangkan ukuran kecil hingga menengah akan disebar di wilayah lainnya. Tak lama setelah mengumumkan 10 model motor listrik yang bakal meluncur hingga 2025, Honda meluncurkan tiga kendaraan listrik, yakni Benly :e, Gyro :e, dan Gyro Canopy :e di Jepang. Itu juga diikuti oleh MS01 e-bike yang berkolaborasi dengan Muji untuk pasar China.

Tahun lalu Honda juga telah mengumumkan target untuk meluncurkan 30 model kendaraan listrik di seluruh dunia. Mereka memasang target produksi sekitar dua juta EV per tahun pada 2030, termasuk 800 ribu di Amerika Utara.

Topik Menarik