Sudah Dapat Tank Canggih dari Barat, Kini Ukraina Minta Jet Tempur

Sudah Dapat Tank Canggih dari Barat, Kini Ukraina Minta Jet Tempur

Otomotif | BuddyKu | Jum'at, 27 Januari 2023 - 05:51
share

KIEV, iNews.id - Ukraina kini terus meminta jet tempur generasi keempat dari Barat setelah negara itu dijanjikan akan diberi tank tempur. Kiev ingin Barat memberi mereka F-16.

Rintangan besar berikutnya sekarang adalah jet tempur, kata penasihat Menteri Pertahanan Oleksiy Reznikov, Yuriy Sak Kamis (26/1/2023).

Sebelumnya, Ukraina telah dijanjikan berada di atas angin setelah Jerman dan Amerika Serikat (AS) mengumumkan rencana untuk menyediakan tank-tank berat setelah sebelumnya kebuntuan diplomatik membayangi masalah tersebut selama berminggu-minggu.

Angkatan Udara Ukraina memiliki armada jet tempur era Soviet tua yang keluar dari jalur perakitan bahkan sebelum Kiev mendeklarasikan kemerdekaan lebih dari 31 tahun yang lalu. Pesawat tempur tersebut digunakan untuk misi pencegatan dan menyerang posisi Rusia.

Jika kita mendapatkan mereka (jet tempur Barat), keuntungan di medan perang akan sangat besar Bukan hanya F-16 (jet tempur multirole AS): pesawat generasi keempat, inilah yang kita inginkan, kata Sak.

Dukungan militer Barat sangat penting bagi Kiev. Dukungan makin besar selama perang.

Sebelum invasi, gagasan untuk memasok bantuan mematikan ke Ukraina sangat kontroversial. Namun sejak perang Rusia-Ukraina, hal kontroversial itu makin menghilang.

Mereka tidak ingin memberi kami artileri berat, lalu mereka melakukannya. Mereka tidak ingin memberi kami sistem Himar, lalu mereka melakukannya. Mereka tidak ingin memberi kami tank, sekarang mereka memberi kami tank. dari senjata nuklir, tidak ada yang tidak bisa kita dapatkan, kata Sak.

Tak hanya jet tempur, Ukraina juga mengatakan ingin menerima rudal jarak jauh dari Barat. Sak berharap AS dapat memainkan peran kunci dalam mendapatkan keputusan untuk memasok jet tempur.

Justin Bronk, seorang peneliti di think tank RUSI di London, mengatakan Angkatan Udara Ukraina akan mendapat manfaat besar dari pesawat tempur Barat dalam hal serangan udara ke udara dan berpotensi mematikan dari udara ke darat.

Namun dia mengatakan di Twitter bahwa mereka masih akan menghadapi risiko tinggi dari rudal permukaan ke udara Rusia. Hal itu memaksa mereka untuk terbang sangat rendah di dekat garis depan, sesuatu yang secara dramatis akan mengurangi jangkauan efektif rudal dan membatasi opsi serangan.

Wakil Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih, Jon Finer mengatakan kepada MSNBC pada Kamis, AS akan mendiskusikan gagasan untuk memasok jet tempur \'dengan sangat hati-hati\' dengan Kiev dan sekutunya.

Kami belum memutuskan masuk atau keluar dari sistem tertentu. Kami telah mencoba menyesuaikan bantuan kami dengan fase pertarungan yang sedang dilakukan Ukraina, kata Finer.

Meskipun tidak ada pergerakan yang signifikan mengenai masalah ini, Angkatan Udara Ukraina merindukan pesawat yang lebih baik selama perang.

Seorang pilot Ukraina dengan nama sandi Juice mengatakan kepada Reuters bulan lalu bahwa banyak rekannya di Angkatan Udara mengambil pelajaran bahasa Inggris di waktu luang mereka untuk mengantisipasi bahwa suatu hari Kiev akan menerima pesawat asing seperti pesawat tempur F-16.

Topik Menarik