Kemendes PDTT Ingin Kebutuhan Listrik di Papua Terpenuhi Sampai Wilayah 3T

Kemendes PDTT Ingin Kebutuhan Listrik di Papua Terpenuhi Sampai Wilayah 3T

Otomotif | BuddyKu | Rabu, 4 Januari 2023 - 11:54
share

IDXChannel - Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi mengatakan, pihaknya mendorong pemenuhan kebutuhan listrik di wilayah perbatasan khususnya Papua.

Ia menjelaskan, listrik menjadi dasar dilaksanakannya banyak program serta memudahkan komunikasi. Melalui listrik, maka pembangunan desa pun menjadi semakin maksimal dan selesai sesuai targetnya.

"Papua harus menerangi indonesia. Kalau sudah ada listrik bikin apa aja bisa terutama komunikasi. Mau bangun tower kalo nggak ada listriknya gimana," katanya saat audiensi dengan Direktur Distribusi PT PLN (Persero) Adi Priyanto dilansir dari keterangan tertulis, Rabu (4/1/2023).

Menurut catatan PLN, sampai saat ini, sebanyak 90 desa di Papua yang berbatasan dengan Papua Nugini belum teraliri listrik. Rencananya masalah tersebut akan diselesaikan pada akhir Januari mendatang.

"Kami lapor hari ini untuk mengakhiri 90 desa di Papua yang belum teraliri listrik. Kami akan segera menyelesaikannya," terang Adi.

Budi menyebut, rencananya akan ada beberapa Kementerian yang terlibat dalam peresmian di Papua tersebut. Selain Kemendes PDTT, ada pula Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Sosial.

Sebelumnya, PLN telah melakukan penandatanganan nota kesepakatan dengan TNI untuk mempercepat target Desa Berlistrik khususnya di wilayah Provinsi Papua. Hal tersebut menjadi penting karena sulitnya medan serta kultur sosial masyarakat.

(SLF)

Topik Menarik