Speedboat China Dolphine Mati Mesin di Laut Jawa, 3 Kru WNA Berhasil Dievakuasi KRI Spica

Speedboat China Dolphine Mati Mesin di Laut Jawa, 3 Kru WNA Berhasil Dievakuasi KRI Spica

Otomotif | BuddyKu | Kamis, 8 Desember 2022 - 17:19
share

BELITUNG TIMUR, iNews.id - KRI Spica-934 milik TNI AL mengevakuasi tiga kru speedboat China Dolphine yang mati mesin di Laut Jawa, Kamis (8/11/2022). Tiga orang kru kapal yang merupakan warga negara asing (WNA) dievakuasi dalam kondisi selamat.

KRI Spica-934 menemukan target yakni speedboat China Dolphine di koordinat 04 26.534S,108 1.645E pada Rabu (7/11/2022), sekira pukul 06.09 WIB.

Sebelumnya KRI Spica yang dinakhodai Capten Letkol Laut (P) Deirus Rizki Khair bertolak dari perairan Belitung Timur pada 6 Desember pukul 20.30 WIB, usai melakukan operasi SAR gabungan kecelakaan Helikopter Polri P-1103.

Di tengah perjalanan, dia menerima informasi permintaan bantuan SAR untuk mengevakuasi speedboat China Dolphin rute Malaysia-Australia yang mengalami mati mesin di Laut Jawa.

KRI Spica yang melakukan towing terhadap kapal speedboat China Dolphin akhirnya tiba di Tanjung Priok pada 8 Desember 2022, dan dijemput oleh Kantor SAR Jakarta menggunakan kapal nelayan dan RIB 03 Jakarta. Speedboat itu kemudian ditarik ke Dermaga Mutiara.

Speedboat China Dolphin tiba di Dermaga Mutiara dengan tiga orang kru WNA dalam kondisi selamat. Selanjutnya akan dilakukan prosedur CIQ (Bea Cukai, Imigrasi dan Karantina Pelabuhan) terhadap WNA.

Dengan ditemukannya korban dan telah dievakuasi pada pukul 12.30 WIB, tim SAR gabungan kemudian melakukan debriefing dan operasi SAR diusulkan untuk dihentikan atau ditutup, kata Kepala Kantor Basarnas Pangkalpinang, I Made Oka Astawa.

Topik Menarik