Pakai Baterai Listrik, Kijang Innova Zenix Hybrid Tak Kena Biaya Perawatan Tambahan

Pakai Baterai Listrik, Kijang Innova Zenix Hybrid Tak Kena Biaya Perawatan Tambahan

Otomotif | BuddyKu | Rabu, 7 Desember 2022 - 22:42
share

IDXChannel All New Kijang Innova Zenix yang diluncurkan pada 21 November 2022 menawarkan dua varian, yakni Gasoline (bensin) dan Hybrid. Ini menambah lini elektrifikasi Toyota untuk ditawarkan kepada konsumen.

Seperti diketahui, sebelum Kijang Innova Zenix Hybrid meluncur, PT Toyota Astra Motor (TAM) telah meluncurkan bZ4X yang merupakan mobil listrik seutuhnya. Namun, mobil tersebut masih impor atau CBU (Completely Build Up).

Keputusan Toyota menghadirkan kendaraan hybrid karena dianggap sesuai bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempelajadi teknologi mobil listrik. Pasalnya, dalam Kijang Innova Zenix Hybrid juga terdapat motor listrik, lengkap dengan baterai.

Sekadar informasi, kendaraan hybrid merupakan perpaduan antara mesin pembakaran internal dan motor listrik ditambah dengan baterai. Kendaraan jenis ini masih mengandalkan tenaga utama dari mesin pembakaran internal.

Meski terdapat dua sumber energi dalam satu mobil, Aftersales Buseiness Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara menegaskan konsume tak perlu khawatir ada biaya tambahan dalam melakukan perawatan.

Tidak ada beban biaya tambahan untuk melakukan perawatan berkala, karena itu menjadi tugas kami untuk memastikan memeriksa baterai dan sistem masih berfungsi dengan normal atau tidak dan itu tidak ada perbedaan biaya, kata Tara saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (6/12/2022).

Untuk perawatan kendaraan hybrid, Tara menegaskan tak ada perbedaan dengan mesin pembakaran internal pada umumnya. Termasuk jadwal perawatan, pola perawatan, dan peralatan yang digunakan.

Perbedaannya mungkin pada bengkel kami, karena kami akan mengecek baterai dan motor listrik. Tapi tidak ada tambahan buat konsumen. Misal Innova biasa service 60.000 km anggaplah X rupiah, ya Innova yang hybrid juga X rupiah pada km serupa, ujarnya.

Begitu juga dengan waktu pengerjaan dalam melakukan perawatan antara mobil dengan mesin pembakaran tradisional dengan kendaraan hybrid. Jika tak ada keluhan, maka proses akan berlangsung selama satu jam.

Sama saja waktu pengerjaannya kurang lebih satu jam. Ketika dia (teknisi) memeriksa sistem kelistrikan, tidak hanya baterainya saja, ada motor listrik. Jadi sistem secara keseluruhan diperiksa, ucap Tara.

Saat ini, Auto2000 mengungkapkan pemesan All New Kijang Innova Zenix sudah mencapai 1.500. Jumlah tersebut didominasi dengan varian Hybrid dengan total 1.200 SPK, yang mana tipe G dan V mendominasi.

(IND)

Topik Menarik