Rekonstruksi Pembunuhan Wanita di Tol Becakayu: Korban Diimingi Podcast Bayaran Rp1,5 Juta

Rekonstruksi Pembunuhan Wanita di Tol Becakayu: Korban Diimingi Podcast Bayaran Rp1,5 Juta

Otomotif | BuddyKu | Rabu, 7 Desember 2022 - 18:01
share

Subdit Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi kasus viral pembunuhan wanita yang jasadnya dibuang di kolong Tol Becakayu. Dalam rekonstruksi tersebut diperagakan momen pelaku membujuk korban sebelum dieksekusi.

Rekonstruksi itu digelar di dua lokasi berbeda siang tadi, Rabu (7/12/2022). Salah satu lokasinya bertempat di Mapolda Metro Jaya dengan menghadirkan tersangka sendiri yakni Christian Rudolf Tobing (36).

Adegan pertama menampilkan momen saat tersangka menyiapkan strategi pembunuhan terhadap korban yakni Ade Yunia alias Icha (36) menggunakan handphone. Tersangka kemudian menjalankan rencana yang sudah dia susun yakni mengajak korban ke sebuah apartemen dengan dalih mengajak podcast .

"Tersangka mendapat ide dengan membuat podcast dengan tema yang mengikuti tema gereja. Tersangka Rudolf mengira rencana ini akan berhasil untuk dapat membunuh karena mereka teman sejak 2014 dan tersangka sangat memahami bahwa sosok Icha akan sangat tertarik bila diajak kegiatan yang berbau podcast," kata salah satu penyidik membacakan adegan rekonstruksi di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (7/12/2022).

Adegan selanjutnya, pelaku menghubungi korban dengan dalih atau iming-iming jika podcast yang akan dibuat sudah memiliki sponsor kalung berenergi. Dia juga mengimingi korban dengan bayaran Rp1,5 juta namun dibagi dua.

"Mendengar penjelasan tersebut, Icha setuju. Setelahnya tersangka mengajak Icha untuk melakukan podcast pada Selasa, 18 Oktober 2022," beber penyidik.

Singkat cerita, saat membuat podcast, tersangka berdalih sengaja mengikat korban dengan skenario korban dapat melepas ikatan tersebut karena memakai kalung berenergi. Padahal, disinilah akhir hidup korban usai korban terikat dan dieksekusi oleh tersangka.

"Tersangka mendekat ke Icha dan mengatakan bahwa podcast itu tidak ada. Lalu, Icha marah dan berusaha membuka ikatan," kata penyidik.

"Tersangka menampar Icha dengan tangan dan berkata \'diam\' dan Icha langsung diam. Lalu tersangka mengutarakan semua uneg-unegnya, cek-cok hingga bilang \'mati aja lu\'," sambungnya.

Diberitakan sebelumnya, jasad wanita sempat ditemukan di kolong Tol Becakayu pada Senin, 17 Oktober 2022 dengan kondisi dikemas dalam sebuah plastik besar. Setelah didalami pihak kepolisian, rupanya jasad itu tewas dibunuh.

Usai pelaku pembunuhan korban berhasil ditangkap, beredar video menampilkan pelaku yang dengan santainya membawa jasad korban menggunakan lift turun dari apartemen. Video itu pun viral karena menampilkan ekspresi senang pelaku usai menghabisi nyawa korbannya.

Artikel Menarik Lainnya:

Topik Menarik