Luca Marini Ikut Komentari Dominasi Ducati di MotoGP

Luca Marini Ikut Komentari Dominasi Ducati di MotoGP

Otomotif | BuddyKu | Selasa, 6 Desember 2022 - 21:04
share

TAVULLIA Luca Marini (Ducati Mooney VR46) ikut memberikan komentar terkait dominasi Ducati di kelas utama MotoGP. Adik legenda balap Valentino Rossi itu menilai hal tersebut takkan menjadi masalah apalagi beban bagi pabrikan Italia.

Tidak, dominasi Ducati tidak sama sekali akan menjadi masalah jangka panjang. Ini balapan. Itu (tim yang mendominasi) selalu ada, kata Marini dilansir dari Speedweek, Selasa (6/12/2022).

Honda, misalnya, telah mendominasi selama sepuluh tahun dan tidak ada yang mengeluhkannya. Ini hanya masalah menaruh lebih banyak uang di tangan Anda atau melakukan pekerjaan yang lebih baik untuk meningkatkan diri Anda sendiri, tambahnya.

Seperti diketahui, pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia, sukses menjadi juara MotoGP 2022. Bahkan, tim pabrikan asal Italia itu menyabet tiga titel sekaligus alias Triple Crown karena juga berhasil mengamankan gelar juara di klasemen konstruktor dan juga tim.

Namun, itu bukan satu-satunya alasan mengapa edisi 2022 ini merupakan musim terbaik dalam sejarah Ducati. Sebab, dalam 20 balapan musim ini, mereka sukses mengumpulkan total 32 podium dengan tujuh pembalap berbeda (10 dari Bagnaia, 7 Jack Miller, 6 Enea Bastianini, 4 Johann Zarco, 4 Jorge Martin dan 1 Marco Bezzecchi), termasuk 12 kemenangan (7 Bagnaia, 4 Bastianini dan 1 Miller).

Tak hanya itu, catatan tim Borgo Panigale pun sangat impresif di MotoGP 2022, yakni 16 pole position dengan tujuh pembalap berbeda (5 Martin, 5 Bagnaia, 2 Zarco, 1 Miller, 1 Di Giannantonio, 1 Bastianini dan 1 Bezzecchi). Lalu, setidaknya satu pembalap Ducati naik podium dalam 26 balapan MotoGP terakhir dan bahkan ada 40 balapan di mana setidaknya satu Desmosedici GP selalu start dari barisan terdepan.

Namun, kesuksesan itu tak lepas dari banyaknya pembalap yang diturunkan Ducati musim ini, yakni delapan rider yang terdiri dari empat tim (2 Ducati Lenovo, 2 Pramac Ducati, 2 Ducati Gresini dan 2 Ducati Mooney VR46). Jumlah tersebut pun tak berubah musim depan sehingga terdapat 36 persen rider Ducati dari 22 pembalap yang bersaing di MotoGP 2023.

Topik Menarik